PJ Gubernur Sulsel Minta Kepala Daerah Bentuk TPAKD, Bahtiar Baharuddin: Untuk Menggerakkan Ekonomi Kerakyatan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Penjabat (Pj) Gubernur  Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si meminta kepada para bupati/wali kota se Sulawesi Selatan untuk membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Permintaan ini disampaikan lewat Surat Edaran bernomor 500.50/084/B.Ekbang tertanggal 3 Januari 2024.

Pembantukan TPAKD ini, dalam rangka menggerakkan ekonomi kerakyatan terutama di bidang kelautan dan perikanan, pertanian perkebunan, peternakan, dan UMKMdi Provinsi Sulsel, Bank Himbara (BRI, Mandiri, BNI, BTN,Bank Syariah Indonesia, dan Bank Sulselbar) telah dan akan menyalurkan Kredit Usaha  Rakyat (KUR) bagi masyarakat.

Menurut Pj Gubernur, sasaran KUR tersebut antara lain untuk budidaya pisang cavendish, budidaya cabai, nanas, semangka, bawang merah, bawang putih, peternakan ayam,tambak ikan/udang, rumput laut, tambak ikan nila(air tawar), keramba ikan , rumah ikan (terumbu karang buatan/rumpon ikan) paggandeng bale/juku, serta UMKM terkait.

Untuk mendorong percepatan KUR tahun 2024, tambah Pj Gubernur, diharapkan Bupati/Wali Kota segera mengambil langkah-langkah untuk membentuk  Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) tingkat kabupaten/Kota /kecamatan/desa/kelurahan.

''Kami harapkan, TPKAD tersebut melibatkan Bank Himbara yang berada di kabupaten/kota masing-masing,'' pungkas Bahtiar Baharuddin dalam Surat Edarannya yang ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri RI di Jakarta, Kepala OJK Regional 6 Sulampua di Makassar, dan para pimpinan Bank Himbara di Makassar. (rls/pp)

  • Bagikan