BPBD, Damkar, dan TNI-Polri Siaga 24 Jam

  • Bagikan
Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Drs H Burhan Nurdin, M.Si

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Memasuki cuaca ekstrem yakni curah hujan dan angin kencang di Kota Palopo, masyarakat Kota Palopo diminta untuk waspada, apalagi yang berada di daerah rawan bencana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Drs H Burhan Nurdin, M.Si mengimbau seluruh masyarakat Kota Palopo agar berhati-hati saat musim hujan.

"Kota Palopo sudah mulai masuk musim hujan dan juga angin kencang. Saya imbau masyarakat agar berhati-hati terlebih di daerah yang rawan longsor dan banjir," kata Burhan Nurdin beberapa waktu lalu.
Ia menambahkan, tak hanya daerah yang rawan longsor namun daerah yang tidak rawan longsor dan banjir pun harus waspada.

"Jadi imbauan ini diberikan kepada seluruh masyarakat Kota Palopo pada seluruh kelurahan di sembilan kecamatan. Kalau ada informasi longsor maupun banjir mohon segera beritahu kami (BPBD)," ucapnya.
Saat ini, tuturnya, Program Kerja (Proker) BPBD telah melakukan kesiapsiagaan baik armada dan peralatan maupun kesiagaan personel TRC BPBD yang siaga 1 x 24 jam.

''Saat ini, BPBD memiliki 3 unit armada mobil dan 3 unit perahu karet,'' jelasnya, seraya menambahkan Satgas Bencana BPBD terdiri dari 10 personel ditambah 36 personel TRC.

Ia menyebutkan, titik-titik rawan tersebut yakni terdiri dari titik banjir yang berada di Kecamatan Telluwanua, meliputi Kelurahan Jaya, Pentojangan, dan Salubattang), Kecamatan Wara meliputi Kelurahan Amassangan, Pajalesang, dan Tompotikka, Kecamatan Wara Timur meliputi Kelurahan Surutanga dan Salutellue, Kecamatan Salobulo meliputi Kelurahan Salobulo dan Balandai.

Untuk titik Tanah Longsor meliputi Kecamatan Telluwanua meliputi Kelurahan Pentojangan dan Mancani, Kecamatan Wara Barat meliputi Kelurahan Lebang, Battang, dan Battang Barat, Kecamatan Mungkajang meliputi Kelurahan Latuppa, Kambo, dan Murante, Kecamatan Sendana meliputi Kelurahan Peta).

Sedangkan untuk titik Angin Puting Beliung meliputi Kecamatan Wara Timur meliputi Kelurahan Surutanga, dan Salutellue, Kecamatan Wara Utara meliputi Kelurahan Salobulo dan Sabbamparu, serta Kecamatan Wara Barat meliputi Kelurahan Battang dan Battang Barat.
Sebelumnya Apel Siaga Bencana Tahun 2024 di Halaman Kantor Wali Kota Palopo pada hari Senin, 8 Januari 2024.

Apel Siaga Bencana ini adalah demi kelancaran mobilisasi logistik. Terlebih lagi pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 memasuki musim hujan. Diharapkan Apel Siaga ini juga untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan Pemilu, memobilisasi logistik baik itu sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilu.
Apel juga dihadiri Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin, Dandim 1403 Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo. (idr)

  • Bagikan