Peringati Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon Sedunia, Pj Wali Kota Palopo Pimpin Tanam 200 Bibit Pohon di Bukit Lewadang

  • Bagikan
Pj Wali Kota Asrul Sani, SH,M.Si saat melakukan penanaman pohon di hutan Kota Palopo Bukit Lewadang Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Rabu, 10 Januari 2024. --hms pemkot--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Memperingati Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon Sedunia, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si memimpin penanaman pohondi hutan di hutan Kota Palopo, Bukit Lewadang Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Rabu, 10 Januari 2024.

Pj Wali Kota Palopo dalam sambutannya mengatakan bahwa Bukit Lewadang ini, selain dijadikan sebagai hutan kota, bisa dicanangkan sebagai hutan wisata.

Menurutnya, bisa disosialisasikan kepada masyarakat bahwa tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat kemah bakti atau outbound.

''Dalam memperingati hari menanam sejuta pohon sedunia, Kota Palopo telah menyediakan sekitar 200 bibit di berbagai jenis pohon. Ini merupakan salah satu cara kita melestarikan lingkungan kita,'' katanya.

Menurutnya, dengan menjaga kelestarian lingkungan, dapat mencegah bencana alam misalnya banjir. Dan, juga bisa menjaga kesehatan. ''Ini juga bisa menjadi refreshing bagi kita semua yang sering bekerja dalam ruangan,'' kata Pj. Wali Kota Palopo sekaligus melakukan penanaman pohon secara simbolis

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Emil Nugraha, S.STP selaku panitia melaporkan bahwa kegiatan ini memperingati Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia.

Pelaksanaan penanaman sejuta pohon sedunia ini dilakukan serentak di seluruh dunia. Selaku leading sektor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo telah menyiapkan sekitar 200 bibit pohon dan juga telah mempersiapkan lubang untuk penanamannya.

Menurutnya, beberapa jenis bibit yang disiapkan di antaranya ada Eboni, Mahoni, Agatis, Salsa, dan beberapa bibit pohon lainnya.

Di hutan Kota Palopo Bukit Lewadang ini, telah ditanam sekitar 100 jenis tanaman dengan luas kurang lebih 10 hektar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memelihara kelestarian hutan dan juga untuk menjaga kelangsungan hidup manusia.

Pada kegiatan ini, turut hadir unsur Forkopimda Kota Palopo, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Para Asisten Setda Kota Palopo, Para Pimpinan OPD se Kota Palopo, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Camat dan Lurah se Kota Palopo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kota Palopo, dan para peserta kemah 3 pilar. (hms/pp)

  • Bagikan