Palopo Semakin Hijau Pj Wali Kota Palopo Apresiasi DLH Penanaman 200 Bibit Pohon

  • Bagikan
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani didampingi kadis DLH, Emil Nugraha saat menanam bibit pohon di Bukit Lewadang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Kota Palopo semakin memantapkan sebagai Kota Idaman dengan adanya kegiatan penanaman 200 bibit pohon oleh pemerintah Kota Palopo bersama dinas vertikal di Bukit Lewadang, Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana berjalan dengan lancar, Rabu, 10 Januari 2024.

Dipimpin Pj Walikota Palopo, Asrul Sani, ratusan bibit pohon yang didominasi pohon eboni dan mahoni ini, sukses mengisi lubang galian yang jauh hari sebelumnya telah disiapkan oleh panitia.

Kegiatan ini berjalan lancar dan berakhir demgan baik, tidak lepas dari kerja keras panitia . Khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Palopo yang dipimpin Emil Nugraha selalu kepala Dinas DLH.

Penanaman pohon dalam rangka memperingati hari penanaman satu juta pohon sedunia itu, Emil bersama panitia lainnya bertanggung jawab menyiapkan segala persiapan dan keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

Persiapan ini dimulai pekan lalu, mulai dari pembuatan jalan menuju lokasi, pembersihan lokasi tenda untuk kema malam Bina Akrab tiga pilar yang berlangsung pada (9/01/2024) malam, hingga menyiapkan 200 bibit pohon, kemudian lubang galian untuk menanam bibit, penerangan, dan keperluan lainnya.
Karena berhasil mengawal kegiatan penanaman bibit pohon dengan baik, DLH Palopo serta panitia lainnya mendapat apresiasi dari Pj Walikota Palopo, Asrul Sani.

"Persiapan yang dilakukan panitia untuk kegiatan hari ini, nampak sangat luar biasa. Semua disiapkan secara matang hingga kegiatan berjalan lancar dan berakhir baik. Tentu kedepannya, khususnya DLH dan pihak terkait, memiliki tanggungjawab lebih lanjut lagi. DLH dan dinas terkait lainnya harus mengontrol dan memelihara bibit pohon yang hari ini sudah kita tanam, agar bisa menjadi salah satu bukti bagi generasi kita dimasa mendatang, bahwa kita dimasa ini telah lakukan upaya menjaga dan memelihara kelestarian alam,"kata Asrul Sani dalam sambutannya.

Amanah dan apresiasi Pj Walikota tersebut diserpon baik dan penuh semangat oleh Emil Nugraha.
Dalam sambutannya, Emil Nugraha beserta jajarannya dan pihak terkait lainnya akan berkoordinasi untuk amelakukan pemantauan dan pemeliharaan terhadap tumbuh kembang 200 bibit yang ditanam itu.

"Terimakasih banyak atas semua kerja sama semua panitia yang terlibat dalam kegiatan hari ini, semua ini berjalan sesuai keinginan kita karena kerja sama yang baik antara panitia. Perlu saya sampaikan, luas wilayah Bukit Lewadang ini, kurang lebih 10 ribu hektare dan di dalamnya ada kurang lebih 100 jenis tanaman pohon yang terjaga serta dirawat dengan baik.

Kemudian kedepannya, untuk bibit pohon yang hari ini kita semua tanam, akan kami lakukan kontrol proses pertumbuhannya. Kemudian kegiatan yang kita lakukan bersama hari ini, merupakan suatu bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan, juga sebagai bentuk kepedulian atas keberlangsungan ekosistem sekitarnya,"ucap Emil.

Untuk diketahui, kegiatan yang dimulai sekira pukul 09.00 Wita dan berakhir sekira pukul 10.30 Wita ini, diikuti para asistenn Pemkot Palopo, semua Kepala Dinas, Camat, Lurah, DPRD dan semua kepala instansi vertikal yang ada di Kota Palopo.(ria/idr)

  • Bagikan