BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Makassar dan Sekitarnya, Tana Luwu Hari Ini Diguyur Hujan Ringan

  • Bagikan
--ilustrasi--

ilustrasi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Makassar dan sekitarnya pada 14-16 Januari 2024. Akibat curah hujan tinggi.

Hal itu ditanggapi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar. Melalui Surat Edaran bernomor 0205/Edar/I/2024.

“Menyikapi cuaca ekstrim atau hujan lebat yang terjadi di Kota Makassar khususnya, maka hal tersebut diperkirakan masih terjadi pada tanggal sampai 16 Januari 2024,” dikutip fajar.co.id (grup PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID) dari edaran yang diterima, Minggu, 14 Januari 2024.

Edaran yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin itu ditujukan kepada Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD),  dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ada lima hal yang disampaikan. Pertama, jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk belajar secara luring, maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dialihkan.

“Dilakukan dengan PJJ atau Daring (Dalam Jaringan), sehingga para peserta didik tetap dapat belajar di rumah masing-masing,” ujarnya.

Kedua, Kepala Sekolah bersama seluruh Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di lingkungan sekolah.

Ketiga, menyampaikan laporan secara tertulis kondisi terkini di lingkungan sekolah kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi.

Empat, kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan agar menghindari aktivitas luar yang mungkin dapat membahayakan keselamatan diri dan peserta didik.

Lima, Dinas Pendidikan segera membuat Posko dan Tim Tanggap Cuaca Ekstrim untuk memantau kondisi sekolah-sekolah di Kota Makassar, dan melaporkan kepada Wali kota.

Berdasarkan prakiraan cuaca Makassar dan sekitarnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini,, Senin 15 Januari 2024 telah dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kota Makassar diprediksi akan diguyur hujan sepanjang hari.

Informasi prakiraan cuaca perlu diketahui ketika hendak beraktivitas di luar ruangan.

Berikut ulasan prakiraan cuaca Makassar dan sekitarnya di Sulsel untuk hari ini.

Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya, 15 Januari 2024.

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di Makassar dan sejumlah wilayah lainnya di Sulsel akan cerah-berawan.

Wilayah Bantaeng, Barru, Bulukumba, Jeneponto, Selayar, Pangkep diprediksi akan terjadi hujan ringan. Sementara wilayah Maros, Makassar, Gowa, dan Takalar berpotensi terjadi hujan sedang.

Pada siang dan sore hari, Makassar dan sejumlah wilayah lainnya di Sulsel diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Wilayah Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Timur, Makassar, Maros, Palopo, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara berpotensi terjadi hujan sedang. Sedangkan wilayah Bone dan Kepulauan Selayar diprakirakan berawan.

Sedangkan pada malam hari, cuaca di Makassar dan seluruh wilayah lainnya di Sulsel diprakirakan akan berawan. Kecuali wilayah Barru, Gowa, Jeneponto, Makassar, Maros, Pangkep dan Takalar diprediksi terjadi hujan ringan.

Berikut rincian prakiraan cuaca Makassar dan sekitarnya di Sulsel hari ini, 15 Januari 2024:

1. Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya Pagi

Cerah-Berawan
Hujan Ringan: Bantaeng, Barru, Bulukumba, Jeneponto, Selayar, dan Pangkep.
Hujan Sedang: Maros, Makassar, Gowa dan Takalar.

2. Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya Siang dan Sore
Hujan Ringan
Hujan Sedang: Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Timur, Makassar, Maros, Palopo, Takalar, Tana Toraja, dan Toraja Utara.
Berawan: Bone dan Kepulauan Selayar.

3. Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya Malam

Berawan
Hujan Ringan: Barru, Gowa, Jeneponto, Makassar, Maros, Pangkep dan Takalar.

4. Prakiraan Cuaca Makassar dan Sekitarnya Dini Hari
Berawan
Hujan Ringan: Bantaeng, Barru, Gowa, Jeneponto, Selayar, Makassar, Maros, Pangkep dan Takalar. (*/fjr/net)

  • Bagikan