Piala Asia, Indonesia vs Vietnam: Garuda Wajib Menang!

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR--
Laga hidup mati akan dilakoni tim nasional Indonesia di ajang Piala Asia 2023.

Tim Garuda akan melawan
Vietnam. Duel ini diprediksi bakal berjalan sengit dan alot. Soalnya, kedua tim akan bermain puputan. Yah, layaknya laga final. Hasil laga ini akan menjadi penentu nasib Golden Star Warrior dan Skuad Garuda.

Seperti diketahui, Indonesia dan Vietnam menelan kekalahan pada pertandingan pertama Piala Asia 2023.

Tim Merah-Putih tumbang melawan Irak 1-3, Vietnam kalah 2-4 dari Jepang.

Nah, mau tidak mau, Indonesia atau Vietnam wajib menang dalam bentrok di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat, 19 Januari  2024 mulai pukul 20.30 Wita live RCTI. Tim yang kalah akan langsung tersingkir dari Piala Asia 2023.

Kubu Indonesia optimis masih bisa lolos ke babak 16 Besar. Meskipun Vietnam acap kali jadi batu sandungan bagi Indonesia, pelatih Shin Tae-yong sangat optimis bisa membawa Indonesia ke babak 16 Besar.

"Seperti Anda katakan, kekalahan 1-3 ini membuat kami mungkin kesulitan untuk bisa melaju ke 16 besar," ucap Shin Tae-yong.

"Masih ada Vietnam dan Jepang yang juga tim kuat. Saya punya pengalaman saat melatih Korea di Piala Dunia 2018 di Rusia, tidak ada yang mengira, kami bisa menang atas Jerman. Jadi kami tidak akan menyerah dan terus menatap ke depan," sambungnya.

Shin Tae-yong pun memberikan jawaban apakah akan menggunakan gaya main yang sama untuk melawan Vietnam.

"Saya memiliki gaya sepak bola saya sendiri dan saya menyukai sepak bola saya sendiri," ujar Shin Tae-yong.

Kemudian saya hanya mencoba sepak bola saya untuk pemain saya untuk mendapatkan sepak bola yang bagus di dalam diri kami.

"Dan saya terus meminta para pemain saya untuk melakukan hal itu.

"Kami hanya memiliki waktu yang terbatas, tetapi saya dapat melihat bahwa kami dapat terus berkembang dan kemudian para permain mencoba untuk melakukan hal-hal yang sama seperti yang saya instruksikan.

"Dan kami tidak akan menampilkan gaya sepak bola menyerang balik yang kuno dan terburu-buru," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia harus mendapatkan kemenangan atas Vietnam jika ingin membuka asa lolos ke babak knockout.

Bagaimana dengan Vietnam? Pemain belakang tim asuhan Phillipe Troussier, Vo Minh Trong ini menegaskan bahwa Vietnam akan bermain dengan gaya mainnya sendiri.

"Ini merupakan pertandingan penting, menentukan posisi Vietnam selanjutnya," kata Minh Trong seperti dikabarkan oleh media Vietnam, Dantri.

"Kami semua tahu bahwa kami sadar untuk bisa mengatasi situasi yang kami hadapi dengan cara sendiri. Di lapangan, kami hanya memperhatikan kemampuan, fokus bermain sepakbola untuk meraih hasil terbaik," kata dia menambahkan.

Vietnam mempunyai keuntungan menatap pertandingan dengan Indonesia. Mereka mempunyai waktu recovery satu hari lebih banyak.

Melawan Indonesia dalam enam pertandingan terakhir, Vietnam tidak pernah tumbang dengan catatan tiga kali menang dan tiga kali imbang.

Vietnam punya beberapa faktor yang cukup menguntungkan. The Golden Star punya waktu istirahat lebih lama. Selain itu, Pham Tuan Hai dan kolega juga tidak pernah kalah pada lima pertemuan terakhir lawan Timnas Indonesia. (*/net/pp)

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari Sutaryadi (Kiper), Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott (Belakang), Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan (Tengah), Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta (Depan).
Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-4-3): Quan Van Chuan (kiper), Luong Duy Cuong, Nguyen Ngoc Thang, Tran Nam Hai (belakang), Nguyen Duc Viet, Dinh Xuan Tien, Khuat Van Khang, Voa Hoang Minh Khoa (tengah), Nguyen Quoc Viet, Nguyen Minh Quang, Pham Dinh Duy (depan)
Pelatih: Hoang Anh Tuan (Vietnam)

Jadwal, Siaran Langsung, dan Link Streaming

Vietnam vs Indonesia
Abdullah bin Khalifa Stadium
Jumat, 19 Januari 2024
22.30 Wita
Siaran langsung: RCTI

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 Hari Ini, Jumat 18 Januari 2024

Minggu, 14 Januari 2024

Jepang 4-2 Vietnam

Senin, 15 Januari 2024

Indonesia 1-3 Irak

Jumat, 19 Januari 2024

18.30 WIB: Vietnam v Indonesia
21.30 WIB: Irak v Jepang

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB: Jepang v Indonesia
18.30 WIB: Irak v Vietnam

  • Bagikan