Hasil Piala Asia 2023:Indonesia Gebuk Vietnam 1-0, Duduki Puncak Klasemen 3 Terbaik

  • Bagikan

Nampak Selebrasi Asnawi Mangkualam usai membobol gawang Timnas Vietnam, Jumat, 19 Januari 2024. -- AP

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Asa Timnas Indonesia untuk melaju ke babak berikutnya di Piala Asia 2023, kini makin terbuka.

Itu setelah berhasil memetik kemenangan krusial di pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 saat berhadapan dengan Timnas Vietnam. Yah, Asnawi Mangkualam cs berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Skuad Garuda sukses memenangkan laga ini berkat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia berhak mendapatkan tambahan tiga poin.

Timnas Indonesia pun naik ke peringkat ketiga dengan raihan tiga poin, sementara Vietnam menempati posisi juru kunci dengan nol poin.

Pada babak pertama, tanda-tanda kemenangan Indonesia terlihat. Terlihat,
Asnawi Mangkualam cs tampil menekan.

Baru satu menit babak berjalan, Rafael Struick melepaskan tembakan keras ke kotak penalti Vietnam. Hanya saja, bola berhasil ditepis oleh Filip Nguyen.

Skuat Garuda benar-benar tampil berbahaya. Shin Tae-yong menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil menekan sehingga Vietnam kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Vietnam sendiri mengandalkan serangan balik. Tapi, mereka kesulitan untuk menembus pertahanan Indonesia. Skuat Garuda yang tampil dominan juga kerap kesulitan untuk menembus pertahanan rapat Vietnam.

Timnas Indonesia sendiri baru membuat peluang berbahaya lagi di menit ke-37 melalui sundulan Sandy Walsh yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Vietnam, namun Filip Nguyen mampu mematahkan peluang tersebut.

Dua menit berselang, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Marselino ditarik seragamnya hingga terjatuh di kotak terlarang Vietnam. Asnawi Mangkualam yang ditunjuk sebagai algojo sukses melakukan tugasnya dengan sempurna, sehingga Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

Gol Asnawi ini membuat Skuat Garuda semakin percaya diri untuk menyerang. Di masa injury time, Rafael Struick kembali nyaris mencetak gol melalui sundulannya. Tapi, bola masih menyamping. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Usai turun minum, Vietnam tampil dengan wajah berbeda.

The Golden Star tampil menekan sejak awal laga dan memaksa Skuat Garuda bertahan di area pertahanan mereka sendiri.

Timnas Indonesia sendiri bertahan cukup rapat untuk meredam serangan-serangan Vietnam. Sesekali Skuat Garuda mengancam melalui skema serangan balik.

Salah satunya terjadi di menit ke-71. Melalui skema serangan balik, Marselino Ferdinan memberikan umpan terobosan kepada Hokky Caraka. Tapi, sayang seribu sayang, ketika sang striker hendak melepaskan tembakan, bola justru berhasil dihalau oleh bek Vietnam.

Seiring berjalannya waktu, Timnas Indonesia tidak lagi diam menunggu serangan. Skuat Garuda mulai lebih intens untuk menyerang gawang Vietnam, meski memang beberapa peluang Indonesia gagal dimaksimalkan.

Di masa injury time, Timnas Vietnam harus bermain dengan 10 pemain. Le Pham Tanh Long mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Marselino Ferdinan di dekat kotak penalti Vietnam.

Di detik-detik terakhir pertandingan, Vietnam nyaris mencatatkan gol melalui skema tendangan bebas, namun Ernando Ari berhasil mematahkan peluang tersebut. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan ini.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia naik ke posisi tiga Grup D Piala Asia 2023 dengan tiga angka. Timnas Indonesia terpaut tiga poin dari Irak di puncak klasemen Grup D Piala Asia 2023.

Sementara dengan Jepang di posisi dua, koleksi poin Timnas Indonesia sama persis. Jepang berhak berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Timnas Indonesia, yakni +1 berbanding -1.

Satu hal yang pasti, kemenangan ini membuka peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Sebab, bukan hanya juara dan runner-up grup, ada juga empat tim peringkat tiga terbaik yang diizinkan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Sekadar diketahui, ada enam tim yang nantinya finis di peringkat tiga pada masing-masing grup (A-F). Nantinya, empat tim teratas di klasemen peringkat tiga terbaik, berhak lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Selanjutnya, Asnawi Mangkualam kembali akan melakoni pertandingan pada
Rabu, 24 Januari 2024, kick off mulai pukul 19.30 Wita di Al Thumama Stadium. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari Sutaryadi; Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner; Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Asnawi Mangkualam; Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Yakob Sayuri

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Vietnam (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Bui Hoang Vietn Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung

Pelatih: Philippe Trouiser

Pertandingan Timnas Indonesia Berikutnya

Timnas Jepang vs Timnas Indonesia
Jadwal: Rabu, 24 Januari 2024
Kick Off: Pkl 19.30 Wita
Venue: Al Thumama Stadium

KLASEMEN SEMENTARA PIALA ASIA 2023 GRUP D

  • Bagikan