Ini Perjalanan Apes Cristiano Ronaldo yang Pernah Ditolak 12 Klub Top Eropa, Tapi Endingnya…

  • Bagikan

Cristiano Ronaldo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RIYADH-- Kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo, pernah mengalami perjalanan apes di karirnya. Yah, Ronaldo pernah ditolak 12 klub top Eropa.

Sang megabintang itu pun sempat kesulitan membangun kariernya.

Hal itu terjadi pada akhir 2022 saat perseteruan Ronaldo dengan pelatih Manchester United, Erik Ten Hag, memuncak.

Kala itu, sang pelatih kerap membangkucadangkannya sehingga timbul friksi.

Puncaknya, usai wawancara kontroversinya dengan Piers Morgan, posisi Ronaldo di Old Trafford semakin terancam. Dan benar saja, tidak lama setelah itu Iblis Merah secara lugas memutus kontrak sang mega bintang.

Pergi sebab ada masalah, rupanya membuat Ronaldo kesulitan mencari klub baru. Usianya yang kala itu akan menjadi 38 tahun juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi tim-tim Eropa, meski tidak bisa dipungkiri jika performanya masih terbilang prima.

Tim-tim Eropa jelas lebih mengutamakan para pemain muda yang masih memiliki banyak stamina.

Permasalahannya di Manchester United juga menjadi faktor lain yang membuat banyak tim berpikir dua kali untuk merekrut Ronaldo.

Selama periode kekosongannya tersebut, Ronaldo benar-benar berjuang keras untuk tetap bisa bermain. Nahas, dirinya justru ditolak oleh sekira 12 klub Eropa.

Di antaranya adalah Paris Saint Germain, Chelsea, Atletico Madrid, Napoli, Sporting Lisbon, Newcastle United, AC Milan, Liverpool, Manchester City, Borussia Dortmund, Bayern Munich, hingga Eintracht Frankfurt.

Kabar lain juga menyebutkan jika Ronaldo bahkan ditolak oleh mantan klub terbesarnya, Real Madrid. Hal itu karena Los Blancos tidak tertarik untuk merekrut seorang penyerang di bursa transfer kala itu.

Kendati demikian, demi tetap bisa menjaga hubungan baik dengan sang pemain, Real Madrid mengizinkan Ronaldo untuk berlatih di fasilitas yang dimiliki tim. Teka-teki masa depannya terjawab ketika bergabung dengan Al Nassr.

Dikontrak selama 2,5 tahun, Ronaldo ditugaskan untuk mengangkat performa tim sekaligus membantu membuat Liga Arab Saudi semakin meriah. Selain itu, ia juga ditunjuk untuk menjadi duta pencalonan Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Nah, kepindahan Ronaldo ke Al Nassr sempat menuai banyak cemoohan. Namun pada akhirnya, pemain asal Portugal itu tetap bisa membuktikan kapasitasnya dengan mencetak 54 gol sepanjang 2023. (*/net/pp)

  • Bagikan