LBH IKA Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo Dilaunching

  • Bagikan

Suasana kegiatan launching LBH IKA PMDS Palopo, Sabtu, 20 Januari 2024. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--
Lembaga Bantuan Hukum Ikatan Alumni (LBH IKA) Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo dilaunching.

Acara launching yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman, Sabtu, 20 Januari 2024 ini, dilakukan Dr. KH. Syarifuddin Daud, MA. selaku ketua Yayasan PMDS Palopo.

Ketua IKA PMDS Marwal Iskandar dalam acara itu mengatakan, bahwa ini merupakan terobosan yang dilakukan pengurus.

Selaku Ketua IKA PMDS Palopo, mengapresiasi kinerja Pengurus Pusat IKA PMDS Palopo khususnya kepada Bidang Sosial, Hukum, dan Hak Asasi Manusia yang telah berhasil membentuk sebuah Badan Otonom di bawah IKA PMDS Palopo yang disebut pengurus profesi LBH.

''Ini merupakan sejarah bagi IKA-PMDS Palopo sejak IKA PMDS berdiri dari angkatan I sampai angkatan XXXV. Semoga ke depannya adalagi pengurus profesi yang lain bisa terbentuk,'' kata Marwal Iskandar dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, di era kepengurusan ini juga sudah terbentuk Mars IKA dan ada Website IKA.

''Tentunya kami Pengurus Pusat mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi dan kerja keras kawan-kawan semua untuk IKA. Semoga mendapatkan pahala di sisi Allah SWT,'' katanya.

Ditambahkan legend sepakbola Tana Luwu ini, kehadiran Lembaga Bantuan Hukum Ikatan Alumni Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo yang disingkat LBH-IKA PMDS Palopo adalah sebagai wadah dan pengabdian alumni di tengah-tengah masyarakat.

Dibeberkan kalau lembaga ini didirikan pada 28 Maret 2023 dengan Akta Notaris Nomor 01 Tanggal 5 Juni 2023.

''Ini untuk lebih memperkuat pergerakan Alumni Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo memperjuangkan penegakan hukum, hak asasi manusia, dan pembangunan hukum yang adil dan demokratis serta memberikan bantuan hukum bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan dangan mengusung tema “Kembali Menjadi Santri Tegakkan Keadilan”,'' katanya.

Sementara itu, menurutnya, tujuan LBH-IKA PMDS Palopo didirikan berdasarkan amanah Tim 7 Alumni PMDS Palopo selaku Tokoh Pendiri LBH adalah,
memberikan layanan bantuan hukum secara gratiskepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, namun tidak mampu, buta hukum, dan tertindas.

Tidak hanya itu. Tapi, juga memberikan bimbingan dan latihan praktek hukum bagi para sarjana hukum dan mahasiswa yang berminat dalam usaha-usaha lembaga bantuan hukum.

''Kita juga berharap menjadi tempat magang bagi calon advokat, paralegal, sarjana hukum dan mahasiswa fakultas hukum,'' katanya.

Ditambahkan, pihaknya juga mendirikan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) di setiap lingkungan Peradilan Umum (PN), Peradilan Agama (PA) dan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) di seluruh wilayah Republik Indonesia;

''Melakukan upaya investigasi, pemeriksaan, advokasi terhadap bantuan hukum pada masyarakat,'' katanya lagi.

Adapun ketujuh Tokoh Pendiri LBH-IKA PMDS tersebut adalah, Ketua IKA PMDS, Imran Nating, S.H.,M.H., Tommi, S.H.I., Syahril, S.Kom., Rusdi Amir, S.H., Nurhayati Usman, S.Pd.I., M.Hum. dan Rifai Andi Kaso Morang, S.Kom.I. sekaligus Ketua I IKA.

''Ke depan, saya yakin dan percaya LBH-IKA PMDS Palopo akan menjadi LBH yang besar. Karena, para pendiri dan pengurus adalah orang-orang yang memang menguasai bidang hukum dan memiliki loyalitas dalam bidang hukum,'' bebernya.

Adapun Ketua LBH adalah Rafiqah Muhajir, S.H, angkatan 2015, Sekertaris Hariadi Cakti, S.H. angkatan 2015 dan Bendahara Muhammad Sumantri, A.Md.Kep., angkatan 2013.

LBH ini terdapat tiga orang anggota luar biasa selaku Advokat IKA yang telah berpengalaman dalam mendampingi kasus-kasus baik di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri, yakni Andi Wawan Rakasiwi Tjanik SH, Muhajir SH, dan Baihaki SH.

''Sebuah kebanggaan tersendiri sebagai alaumni bahwa Ketua Badan Pengawas LBH adalah Advokat yang sudah bertarap tingkat Nasional dan menjabat sebagai Ketua AKPI (Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia),'' kata Caleg DPRD Sulsel ini.

Pada acara ini, nampak hadir, Dr. KH. Syarifuddin Daud, MA. selaku ketua Yayasan PMDS Palopo, Prof. Dr. KH. M. Said Mahmud, LC. Direktur PMDS Putra; Dr. Hj. Andi Ria Warda M., M.Ag (Direktris PMDS Putri),
Ketua MPA IKA PMDS Palopo, pengurus IKA PMDS, dan undangan. (*/rls/uce)

  • Bagikan