Indonesia Vs Jepang 1-3: Dua Gol Ayase Ueda Buat Skuad Garuda Tunggu Keajaiban untuk Bisa Lolos ke Babak 16 Besar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, ,DOHA -- Timnas Indonesia tinggal menunggu keajaiban untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Berduel dengan Jepang di laga ketiga babak fase grup D, skuad Garuda kalah 3-1. 

Tiga gol bersarang di gawang Indonesia dari Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner. Gol penghibur dari Indonesia diciptakan oleh Sandy Walsh.

Dengan kemenangan ini, Jepang pun mendampingi Irak ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berhasil juga memenangkan pertandingan terakhirnya dengan Vietnam 3-2.

Pertandingan yang mempertemukan Timnas Indonesia menghadapi Jepang sendiri berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024).

Sepanjang jalannya pertandingan di babak pertama, Jepang sangat mendominasi jalannya pertandingan dan bahkan tidak memberi kesempatan untuk Indonesia.

Dan satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama di ciptakan oleh Ayase Ueda di menit keenam melalui titik putih.

Gol Ayase Ueda membuat Jepang unggul sementara (IST)

Penalti diberikan kepada Samurai Biru.

Adalah pelanggaran Jordi Amat kepada Ayase Ueda penyebabnya. Pelanggaran itu terkonfirmasi VAR, membuat Indonesia dihukum.

Ayase Ueda maju menjadi eksekutor, dan bisa menaklukkan Ernando Ari Sutaryadi. Skor 1-0.

Jalannnya Pertandingan.

Pada awal babak pertama, Timnas Jepang langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Hasil di menit keempat mereka mendapatkan hadiah pinalti.

Penalti tersebut di dapat usai Jordi Amat Ayase Ueda di langgar. Yang mau sendiri sebagai algojo sukses membobol gawang Indonesia 1-0 Jepang unggul melalui titik putih.

Sampai menit ke-20, Timnas Jepang masih mendominasi jalannya pertandingan dan berhasil menciptakan beberapa peluang dan belum bisa menciptakan satu peluang pun.

Pada menit ke-33 Indonesia akhirnya mendapatkan peluang. Sayang upaya dari Marselino Ferdinan masih mampu di halau dengan baik oleh kiper Jepang.

Jepang bahkan hampir berhasil menggandakan keunggulannya melalui Nakamura di menit ke-35, andai sepakannya tidak membentur tiang gawang.

Dua menit berselang tim berjuluk Samurai Biru ini kembali mendapatkan peluang melalui sepakan bebas. Sepakan Takefuso Kubo masih mampu di mentahkan Ernando Ari.

Pada menit ke-44 Jepang kembali menciptakan peluang berbahaya. Namun, Ernando Ari dengan sigap menghalau bola dan mengagalkan peluang Jepang.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di babak pertama Timnas Indonesia gagal keluar dari tekanan dan membuat Jepang untuk sementara unggul 1-0.

Memasuki babak kedua Jepang masih mendominasi atas Indonesia. Hanya butuh enam menit bagi Jepang mendapatkan gol keduanya selepas jeda.

Ayase Ueda kembali menjebol gawang Indonesia. Kali ini, pemain nomor 9 itu memanfaatkan umpan Ritsu Doan dari sisi kiri. Skor menjadi 2-0.

Laga kembali berlanjut, dengan Jepang masih menekan Indonesia. Beberapa peluang kembali dihadirkan Jepang lewat Ritsu Doan, namun belum membuahkan hasil.

Gol ketiga kemudian bisa dihadirkan Jepang di menit ke-88. Kali ini, bunuh diri dibuat Justin Hubner, usai gagal memblok tendangan Ayase Ueda di kotak penalti. Jepang unggul 3-0.

Tak lama kemudian, Sandy Walsh memperkecil kedudukan. Sepakannya membuat gawang Jepang bergetar, skor menjadi 3-1.

Di pertandingan lain di grup D, Vietnam kembali mengalami kekalahan dari Irak yakni 3-2.

Irak menyapu bersih kemenangan sehingga mengumpulkan poin 9, disusul Jepang 6 poin, lalu Indonesia 3 poin. Sementara Vietnam, sama sekali tidak memiliki poin karena tiga partai yang dilakoninya, tim dari Asia Tenggara ini menelan kekalahan. (*/fajar/net)

Susunan Pemain

Jepang: 23-Zion Suzuki; 15-Koki Machida, 16-Seiya Maikuma, 19-Yuta Nakayama, 22-Takehiro Tomiyasu; 6-Wataru Endo, 10-Ritsu Doan, 13-Keito Nakamura, 17-Reo Hatate, 20-Takefusa Kubo, 9-Ayase Ueda

Indonesia: 21-Ernando Ari; 6-Sandy Walsh, 4-Jordi Amat, 5-Rizky Ridho, 25-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 2-Yacob Sayuri, 24-Ivar Jenner, 10-Egy Maulana, 7-Marselino Ferdinan; 11-Rafael Struijk

  • Bagikan