Madrid Salip Manchester City sebagai Klub Berpenghasilan Tertinggi di Dunia, Ini Jumlah Kekayaannya

  • Bagikan

Stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MADRID-- Meski ditinggal beberapa pemain andalannya, namun klub rakasasa Spanyol, Real Madrid justru makin kaya.

Klub ini, berhasil menyalip Manchester City dan menduduki puncak Deloitte Football Money League sebagai klub dengan pendapatan tertinggi di dunia pada musim 2022-23.

Berdasarkan data, Madrid menghasilkan total pendapatan sebesar 831 juta euro, diikuti oleh City (826 juta euro) dan Paris St Germain (802 juta euro).

Barcelona naik dari posisi ketujuh tahun lalu ke posisi keempat, menghasilkan 800 juta euro. Ini cukup mengejutkan mengingat laporan soal krisis keuangan raksasa Catalan.

Sementara Manchester United merosot satu tingkat ke posisi kelima dengan menghasilkan 746 juta euro.

Dikutip dari RNZ, Real mencatat peningkatan pendapatan sebesar 118 juta euro dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan sebesar 16% ini disebabkan oleh kinerja ritel yang kuat, kehadiran stadion yang lebih bagus serta tinggi, dan pemulihan pendapatan sponsor.

Meskipun City kehilangan posisi teratas, yang telah mereka pegang selama dua tahun terakhir, klub melaporkan pendapatan tertinggi mereka dalam satu musim, berkat kampanye meraih treble yang meningkatkan pendapatan siaran dan komersial mereka.

Pendapatan komersial merupakan aliran pendapatan terbesar di klub untuk pertama kalinya sejak 2015-16, tidak termasuk musim 2019-20 yang terkena dampak COVID-19, karena pendapatan siaran meningkat sebesar 5%. (fjr/pp)

  • Bagikan