Menyerah 4-0 dari Australia, Timnas Indonesia Tersingkir di Piala Asia Qatar

  • Bagikan

Winger Timnas Indonesia Yakob Sayuri saat melewati pemain Australia Irvine (IST)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DOHA-- Upaya Timnas Indonesia untuk lolos ke babak perempatfinal kandas di ajang Piala Asia 2023.

Hal tersebut terjadi, usai di babak ini skuae Garuda harus mengakui keunggulan Australia dengan skor telak 4-0.

Pertandingan yang mempertemukan Australia berhadapan dengan Indonesia sendiri berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

Adapun gol-gol yang tercipta di babak pertama ini lahir dari own gol kesalahan antisipasi Elkan Baggott di menit ke-12 dan M. Boyle di menit ke-45.

Sementara untuk di babak kedua tercipta di penghujung laga. Dimenit ke-90 melalui Goodwin dan ke-90+1 lewat Harry Souttar

Jalannya Pertandingan.

Sejak menit awal pertandingan, Timnas Indonesia langsung bermain menekan dan lebih banyak menguasai bola.

Peluang pertama pun di dapat Indonesia di menit keenam. Melalui umpan crossing sontekan Rafael Struick di dalam kotak pinalti masih melambung tipis di atas gawang.

Di menit ke-12 Australia justru berhasil unggul terlebih dahulu. Gol tersebut tercipta usai Elkan Baggott salah mengantisipasi sepakan lawan.

Timnas Indonesia yang tertinggal pun beberapa kali menciptakan peluang. Salah satunya di menit ke-24, sayang sepakan dari Justin Hubner masih tepat di pelukan penjaga gawang lawan.

Pada menit ke-30 Timnas Indonesia berhasil menciptakan dua peluang berturut. Yang pertama dari Yakob Sayuri dan Rafael Struick sayang masih gagal.

Meski tertinggal, Timnas Indonesia terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan dengan berhasil mencatatkan penguasaan bola lebih banyak di banding Australia.

Skuad Garuda kembali mendapatkan peluang di menit ke-40. Berawal dari crossing Marselino, Yakob Sayuri yang berdiri bebas gagal melepas sepakan sempurna.

Semenit berselang Indonesia kembali mengancam. Melalui kombinasi yang ciamik, sayang sepakan Marselino Ferdinan masih melambung tinggi.

Australia yang terus di serang, bahkan berhasil menggandakan keunggulannya di akhir babak pertama. Melalu sundulan dari M. Boyle.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama di bunyikan Indonesia gagal memperkecil ketertinggalan dan skor 2-0 menutup babak pertama.

Pertandingan memasuki babak kedua, kedua tim terlihat menurunkan tempo permainan. Namun, Indonesia terlihat masih mendominasi.

Pertandingan memasuki menit ke-60, baik Indonesia atau pun Australia belum berhasil menciptakan satu pun peluang berbahaya.

Peluang berbahaya pertama di babak kedua ini baru tercipta dimenit ke-81, bola lepas dari Elkan Baggott, dimanfaatkan oleh Mitchell Duke namun sepakannya masih melebar.

Empat menit berselang Australia kembali mengancam, melalui sepakan dari luar kotak pinalti Atkinson sayang masih melebar tipis di samping gawang.

Australia bahkan berhasil menggandakan keunggulannya di menit ke-90, berawal dari crossing bola sundulan awalnya di tepis oleh Ernando. Bola liar kemudian di sambar oleh Goodwin untuk merubah skor 3-0.

Semenit berselang, Australia kembali berhasil menciptakan gol keempat. Lewat sundulan dari pemmain jangkung Harry Souttar.

Sampai peluit panjang tanda berakhir laga tidak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia harus takluk dengan skor 4-0 dari Australia. (Fjr/pp)

  • Bagikan