Andi Hatta dan YM Datu Luwu Berpeluang Lolos DPD RI

  • Bagikan

Masuk 10 Besar Survei SPI

MAKASSAR -- Persaingan memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Sulawesi Selatan cukup sengit. 16 calon senator konsisten mengejar dukungan pemilih jelang pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.
Sejumlah lembaga survey juga sudah merilis elektabilitas calon anggota DPD asal Sulsel yang berpeluang lolos ke Senayan. Salah satunya adalah Lembaga Survei Paramater Indonesia (SPI).

Dalam survei terbarunya, SPI menempatkan Tamsil Linrung dan Al Hidayat Samsu sebagai calon senator asal Sulsel yang paling tinggi elektabilitasnya. Tamsil di posisi teratas dengan tingkat elektoral 14,26 persen. Di posisi kedua Al Hidayat dengan tingkat elektabilitas 12,73 persen.

Peringkat ketiga ditempati Andi Maradang dan incumbent Andi Ihsan di posisi empat. Politisi PDI Perjuangan, Andi Yagkin Padjalangi, incumbent Lily Amelia Salurapa, politisi Golkar, Hatta Marakarma, dan Waris Halid juga masuk peringkat sepuluh besar. Elektabilitas Andi Ihsan sendiri 8,2 persen dan Lily Amelia 2,8 persen.

“Ini kondisi elektoral calon anggota DPD asal Sulsel. Angka ini tentu masih dinamis apalagi pemilu masih ada beberapa pekan lagi. Di survei ini juga kelihatan masih ada swing voters 21 persen,” kata Muh Ilyas, surveyor SPI di Makassar, Sabtu (27/1/2024).

Survei SPI ini dilakukan 8-24 Januari 2024 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sekira 3 persen. Menurut Ilyas, survei menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel 1.500 orang.
Ilyas mengatakan pergerakan setiap calon akan memengaruhi tingkat elektabilitasnya. Calon yang intens turun ke lapangan menyapa pemilih diyakini akan memperoleh dukungan lebih banyak.

Yang agak mengejutkan, kata Ilyas adalah tren Al Hidayat Samsu. Politisi muda yang juga anggota DPRD Kota Makassar ini bisa bersaing dengan tiga incumbent Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sulsel.
Performa positifnya selama menjadi anggota DPRD Makassar dianggap sebagai modal utama bagi Dayat dalam meraih dukungan dan simpati masyarakat Sulsel.

“Di survei tergambar dukungan Hidayat tidak hanya di Makassar tempatnya berkiprah empat tahun terakhir ini. Anak mud aini juga mendapat simpati besar di beberapa daerah seperti Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, dan lainnya,” kata Ilyas lagi.

Seperti diketahui Alhidayat merupakan politisi muda PDI Perjuangan yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kota Makassar. Al Hidayat Syamsu adalah anggota DPRD Makassar termuda. Ia terpilih ketika umurnya belum genap 23 tahun pada Mei 2019 lalu.
Pada pemilu 2024 ini, Hidayat ingin naik kelas dengan mengincar kursi DPD RI. Ia bersaing memperebutkan kuota empat kursi dengan 17 calon anggota DPD lainnya.
Tiga dari 17 rivalnya itu berstatus incumbent alias petahana. Ketiganya adalah Tamsil Linrung, Andi Muh Ihsan, dan Lily Amelia Salurapa.(idr)

  • Bagikan