Hasil Piala Asia: Thailand Tak Berdaya Hadapi Uzbekistan, Tak Ada Tersisa Wakil Asia Tenggara

  • Bagikan

Pemain Uzbekistan saat merayakan kemenangan.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Tim satu-satunya asal Asia Tenggara, timnas Thailand harus angkat koper. Saat menghadapi  Timnas Uzbekistan, Thailand kalah menyakitkan 2-1 pada ajang Piala Asia 2023 di babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Selasa, 30 Januari 2024.

Pada duel ini, Uzbekistan langsung tancap gas saat wasit membunyikan pluit tanda pertandingan dimulai.

Serangan bergelombang dilakukan yang membuat tim Gajah Perang lebih fokus bertahan.

Meski begitu, pertahanan solid Thailand pun akhirnya runtuh. Yah, tepatnya di menit ke-37. Sebuah gol cantik dilesakkan Azizbek Turgunboev.

Pemain nomor 19 tersebut lebih dulu menahan bola dengan dada di kotak penalti sebelum melepaskan tendangan first time. Gol!!!

Sampai akhir babak pertama, Uzbekistan tetap unggul 1-0 atas Thailand.

Usai turun minum, Thailand mencoba mengambil inisiatif menyerang. Supachai Jaided dkk bahkan mulai atraktif menekan di daerah pertahanan lawan.

Gol yang dinanti Thailand akhirnya tercipta di menit ke-58 lewat kerja sama apik Jaided dan Supachok Sarachat. Tembakan terukur Sarachat bersarang di pojok kanan gawang untuk mengubah skor jadi 1-1.

Dua menit berselang, Thailand nyaris membuat kejutan melalui Suphanat Muenta. Sayang tembakan Muenta dari luar kotak penalti mengarah ke tengah gawang sehingga mudah diantisipasi kiper Utkir Yusupov.

Hanya saja, Uzbekistan berhasil mencetak gol kembali lewat sepakan terukur Abbosbek Fayzullayev pada menit ke-65.

Thailand terus berupaya untuk mencetak gol balasan hingga menit-menit akhir. Sundulan Elias Dolah nyaris mengubah skor namun masih melambung tipis di atas mistar gawang. Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga usai.

Hasil ini membuat Thailand tersingkir dari babak 16 besar. Tak ada lagi wakil ASEAN yang tersisa setelah sebelumnya Indonesia kalah 0-4 dari Australia, Minggu, 28 Januari 2024. (*/net/pp)

  • Bagikan