Hasil Piala Asia: Iran Bekuk Suriah Lewat Drama Adu Penalti, Ketemu Jepang di Perempat Final

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Timnas Iran akhirnya lolos ke babak perempat final Piala Asia 2023.

Iran merupakan tim yang terakhir melaju ke babak selanjutnya usai menang atas Suriah lewat drama adu penalti pada babak 16 besar Piala Asia 2023 (2024) di Stadion Abdullah Bin Nasser Bin Khalifa, Doha, Rabu, 31 Januari 2024 malam.

Saat kick off, Iran langsung melancarkan serangan.

Terlihat, pada awal laga, Iran terlihat dominan dan mampu bermain di area pertahanan Suriah. Hanya saja, Skuad Team Melli kesulitan melepaskan umpan kunci sehingga minim peluang.

Saat menit ke-20 Suriah mulai terlihat mencoba lebih berani menguasai bola. Area pertahanan Iran yang sebelumnya lengang mulai sibuk.

Merespons Suriah yang berani menguasai bola, Iran kembali berupaya menekan.

Mehdi Ghayedi dan Ehsan Hajisafi mencoba melepaskan tembakan jarak jauh demi upaya mengubah skor, namun kiper Ahmad Madanieh tampil baik dalam menyelamatkan gawang.

Akhirnya, pada menit ke-33 wasit menunjuk titik penalti setelah Aiham Ousou melanggar Sardar Azmoun. Yang menjadi algojo penalti Iran adalah Mehdi Taremi. Sepakannya mengecoh Madanieh. Iran pun memimpin 1-0.

Iran yang mengamankan keunggulan tipis hingga turun minum kemudian memiliki sederet kans. Setelah Suriah gagal memaksimalkan possesion pada awal babak kedua, Iran kemudian memiliki peluang lewat Azmoun pada menit 51 dan 54.

Peluang pertama Azmoun dari open play digagalkan Madanieh dan Ousou. Kemudian kans kedua pemain AS Roma dari sepak pojok digagalkan Abdul Rahman Weiss yang tepat menghalau bola dengan sundulan tepat di garis gawang Suriah.

Iran juga memiliki peluang melalui kerja sama Alireza Jahanbakhsh dan Mehdi Taremi yang digagalkan Madanieh pada menit ke-57.

Justru, Iran kemudian dihukum penalti setelah wasit melihat VAR. Kiper Alireza Beiranvand dinilai melanggar Pablo Sabbag. Omar Khrbin sukses menyarangkan bola dari titik 11 meter dan mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-63.

Iran berusaha menekan Suriah setelah skor imbang. Skuad Elang Qasiyun bisa mengatasinya dan bermain dengan fokus pada bertahan.

Sebuah situasi serangan balik Suriah membuat Taremi melakukan pelanggaran yang membuatnya mendapat kartu kuning kedua pada menit pertama injury time. Unggul jumlah pemain Suriah balik mendominasi, namun tidak ada gol yang bisa dicetak hingga laga 90 menit berakhir.

Pada babak tambahan Suriah kembali mencoba memaksimalkan keunggulan jumlah pemain. Sementara Iran mencoba bermain nothing to lose dengan tidak memilih bertahan melulu. Tidak ada gol di babak 2x15 menit, pemenang pertandingan harus ditentukan di babak adu penalti.

Iran memastikan kemenangan setelah lima eksekutornya bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Di kubu Suriah kegagalan Fahd Youssef membobol gawang Iran harus dibayar mahal. Iran melaju ke babak perempat final Piala Asia 2023 dan akan melawan Jepang, Sabtu, 3 Februari 2024 mulai pukul 19.30 Wita. (*/pp)

Susunan Pemain:

Iran: Beiranvand; Rezaelan, Cheshmi, Khalilzadeh, Hajisafi; Ghoddosh, Ezatolahi; Jahanbakhsh, Taremi, Ghayedi; Sardar Azmoun.

Suriah: Madanieh; Abdul Rahman Weiss, Ousou, Krouma, Al Ajaan; Al Aswad, Elias, Ezequiel Ham, Ammar Ramadan; Omar Khrbin, Ibrahim Hesar.

BAGAN PEREMPAT FINAL

PIALA ASIA 2023/2024

  • Bagikan