Pembukaan MTQ ke-33 Dimajukan ke 5 Februari

  • Bagikan
Asisten I Pemkab Luwu Ahyar Kasim SH, MH

BELOPA-- Jika tidak ada aral melintang, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXXIII tingkat Kabupaten Luwu akan dibuka pada tanggal 5 Februari 2024 pekan depan. Pembukaan MTQ ini dimajukan dari rencana yang sedianya baru akan dilaksanakan 26 Februari 2024.

Asisten I Pemkab Luwu Ahyar Kasim SH, MH, selaku Ketua panitia MTQ ke-33 Tingkat Kabupaten Luwu, kepada Harian Palopo Pos Rabu (31/1) mengungkapkan Senin lalu telah dilaksanakan rapat Pemkab Luwu, panitia pelaksana dan jajaran Polres Luwu, dimana disepakati MTQ akan dilaksanakan tanggal 5 sampai 9 Januari 2024 dimana akan dibuka langsung Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd.

"Memang awalnya akan dilaksanakan tanggal 6 sampai 10 Februari, namun karena sudah masuk Minggu tenang Pemilu tanggal 10 sehingga penutupan dimajukan tanggal 9 Februari 2024. Pembukaan akan dipusatkan di lapangan Andi Djemma Belopa," ungkap Ahyar Kasim.

Informasi yang dihimpun Harian Palopo Pos, pembukaan MTQ ke-33 tingkat Kabupaten Luwu akan diawali dengan defile kafilah perwakilan 22 kecamatan se-Kabupaten Luwu, kemudian akan diisi berbagai kegiatan diantaranya atraksi tapak suci dari MTs Negeri 1 Luwu, tarian konfigurasi, kemudian pelantikan dewan hakim dan penyerahan piala bergilir untuk diperebutkan 22 kafilah yang akan bertanding, serta pembukaan oleh Bupati Luwu.

Wakil Ketua I Panitia MTQ ke-33 Kab Luwu Drs H Nurul Haq, MH kepada Harian Palopo Pos, mengatakan, saat ini telah dibentuk Dewan hakim dan telah ditentukan titik lokasi pelaksanaan MTQ ke-33 di Belopa, dimana perlombaan akan dilaksanakan pada 7 (tujuh) titik, yaitu di Lapangan Andi Djemma Belopa, di Aula Andi Kambo kantor Bupati Luwu, di Masjid Agung Luwu Belopa, Aula kantor Bappelitbangda Luwu, Aula kantor Kemenag Luwu, di SMAN 1 Luwu dan SMKN 2 Luwu.

"Ada beberapa cabang lomba yang akan dipertandingkan di MTQ ke-33 tingkat kabupaten Luwu ini, diantaranya Tilawah dewasa dan remaja (pa/pi), Qiraat Mujawwad Dewasa dan remaja (pa/pi), Qiraat Murattal (pa/pi), Tartil Quran (pa/pi), Tilawah anak-anak, tilawah tuna netra, Hidzil Qur'an 1 juzz, 5 juzz, 10 juz,20 juz dan 30 juz, Tafsir Qur'an, Musabaqah Fahmil Qur'an (pa/pi), Musabaqah Syarhil Quran (pa/pi), Khat Al Qur'an (Naskah, Hiasan, Dekorasi dan Kontemporer), Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an. (and/ikh)

  • Bagikan