Hayarna Berpeluang ke Senayan, Arham ke DPRD Sulsel

  • Bagikan

Anita Oktaviani Leluasa ke DPRD Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Salahs atu figur Caleg DPR RI Wija To Luwu (WTL) yang berpotensi duduk ke Senayan adalah Dr Hj Hayarna Hakim. Ketokohannya mengakar di Luwu Raya.
Dr Hj Hayarna Hakim adalah istri dari Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang. Hayarna berada di nomor 5 urutan caleg Nasdem Sulsel 3. Ia pun aktif turun menyapa masyarakat.

Hayarna sendiri punya background politik yang kuat. Dirinya merupakan mantan Ketua DPRD Luwu dari Partai Golkar.
Sekarang dirinya menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Luwu mendampingi Basmin Mattayang. Hayarna merupakan perempuan kelahiran Belopa. Ia menyelesaikan pendidikan dasar di SD Tadette. Kemudian melanjutkan sekolah di Ibtidaiyah Belopa, lalu melanjutkan sekolah di PGA Palopo.

Hayarna mengenyam bangku pendidikan tinggi dan menjadi sarjana hukum UMI. Lalu mendapatkan gelar S2 Kampus STIA Yappan Jakarta.
Dan terakhir Doktor di Universitas Muslim Indonesia Makassar.
Sebelum terjun ke dunia politik, Hayarna Basmin tercatat sebagai guru PNS di SD Ulo-ulo Bajoe, Kota Belopa.

Ketua DPD Nasdem Luwu, Arham Basmin mengatakan, dirinya mendapat perintah langsung Ketua DPW Nasdem Provinsi Sulawesi Selatan untuk memajukan Haryana Hakim sebagai caleg DPR RI usungan Nasdem.
Dirinya menambahkan, Hayarna Hakim merupakan calon yang paling pas untuk menemani Rusdi Masse di senayan.
Pasalnya, sambung Arham, Hayarna memiliki pengalaman kepemimpinan di dunia politik hingga kini.

"Beliau mantan ketua DPRD Kabupaten Luwu yang paling saya syukuri selama beliau mendampingi bupati cukup aktif memberikan kontribusi dan membantu," tambahnya.
Persaingan partai politik semakin ketat. Antar caleg pun demikian. Pengamat politik Tana Luwu yang juga Pakar Hukum Pemilu Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Dr Haedar Jidar SH MH menilai parpol yang perkasa di Pileg 2024, yakni Golkar, Gerindra, Nasdem.
Bukan berarti parpol lain tidak. Namun, akan ketat dengtan banyaknya komposisi caleg yang diisi tokoh, istri pejabat, purnawirawan jenderal, hingga pengusaha kaya.

Khusus untuk partai Nasdem, Haedar memprediksi hanya akan menyisakan satu kursi. Hasil Pileg 2019, lalu meraih 2 kursi ke Senayan dari Dapil Sulsel 3.
Satu kursi Nasdem inipun juga sangat ketat persaingannya. Lantaran ada incumbent yang juga Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse. Ada juga istri Bupati Luwu yang juga Ketua TP PKK Luwu Dr Hj Hayarna Basmin, ada pengusaha Putri H Dakka, dan yang terbaru mantan Wali Kota Palopo Judas Amir.

Nasdem
Sementara itu, untuk Pileg DPRD Sulsel juga dari Partai NasDem, salah satu calonnya potensi duduk di DPRD Sulsel di Makassar adalah Ketua NasDem Luwu yang juga Caleg NasDem Dapil 11 Luwu Raya nomor urut 2, yakni Dr H. Muhammad Arham Basmin.

Dimana 11 caleg NasDem DPRD Sulsel ada 1. RAKHMAT KASJIM, 2 Dr. H. ANDI MUH ARHAM BASMIN, S.Sos., M.M. 3 Hj. SUBIATI, 4 IMELDA PALUMEAN, 5 dr. ANI NURBANI, M.Kes, 6 TENRI SENGE, 7 H. HENRY GALIB, 8 INDAH ISTIQAMAH HIDAYAT, 9 EFENDI SARAPANG, 10 ASTUTI, S.A.N, dan 11 H. MARSUKI, S.H.

Dari 11 nama di atas, Andi Muhammad Arham Basmin berpeluang duduk di DPRD Sulsel. Hal itu dapat dilihat dari analisa, pasca mendapatkan amanah sebagai Ketua DPD NasDem Luwu, Arham Basmin saat ini terus dan aktif berkampanye ke masyarakat, khususnya di Kab. Luwu.
Sejumlah baliho ukuran raksasa yang menampilkan foto dan nomor urut calegnya adalah no. 2 terpajang di ruas jalan nasional, dan daerah.
“Sebagai pimpinan partai, tentunya sama seperti ketua-ketua partai yang lain, memfokuskan diri bekrja untuk memenangkan pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang,” kata Arham.

“Melakukan pendekatan kepada masyarakat tidak dengan cara arogan, apalagi menjatuhkan atau melemahkan partai lain, karena begitu pemilu usai digelar, kita semua menjadi mitra kerja, hanya perolehan kursi saja yang akan membedakan,” tuturnya.
Sementara itu untuk Pileg DPRD Kota Palopo, salah satu caleg yang berpeluang besar duduk masih dari keluarga besar Pak Basmin yakni istri dari Dr H Muhammad Arham Basmin adalah Hj Anita Oktaviani Andi Leluasa.
Hj Anita maju sebagai caleg Golkar DPRD Palopo nomor urut 1 untuk Dapil 1 Kota Palopo (Kec. Wara, Kec. Wara Utara).(idr)

  • Bagikan