Prof Ichsan Pendaftar Pertama di Pilrek UNM, Klaim 50 Persen Dukungan Senat

  • Bagikan
Bakal Calon Rektor UNM Periode 2024-2028 Prof Andi Muh Ikhsan Ali Serahkan Berkas Pendaftaran ke Panitia Pilrek UNM, Kamis, 1 Februari 2024. --fajar--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Ichsan Ali memantapkan diri maju sebagai calon rektor UNM mendatang. Ini dibuktikan, bakal calon Rektor UNM, Prof Ichsan Ali resmi mendaftarkan diri ke panitia pelaksana di Sekretariat Pendaftaran Rektor Gedung Phinisi UNM, Kamis, 1 Februari.

Langkah yang dilakukan tersebut tentunya tidaklah muluk-muluk. Karena, ia mengklaim sudah mengantongi 50 persen suara dukungan dari senat universitas. Ia pun sangat optimis bisa membawa UNM menjadi lebih baik dari saat ini.

Dukungan suara itu, berarti bahwa Ichsan sudah punya 27 suara dari total 54 senat. Ditambah dengan lima suara dari unsur pimpinan universitas. Masing-masing satu suara rektor dan empat suara dari wakil rektor.

"Dukungan senat, insyaallah. Saya maju ini karena optimis. Minimal 50 persen suara dukunganlah. Tapi kan di tahap kedua ada suara menteri, itu belum komunikasi. Nanti ditahap kedua baru kami komunikasi," ujarnya usai mendaftar.

Dukungan itu kian membaik setelah pihaknya punya tim sendiri dalam bekerja. "Saya punya sembilan tim, jadi nanti ikon saya 9.com, karena 9 kan angka terakhir," imbuhnya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama itu menegaskan, pada dasarnya saat ini UNM sudah mengalami kemajuan yang bagus. Sehingga, dia menegaskan siap melanjutkan berbagai program yang sudah baik.

"UNM sudah on the track dari rektor sekarang, jadi tinggal melanjutkan saja. Kan sangat jelas arahnya dalam konstitusi, Tri Dharma Perguruan Tinggi. Misalnya pengelolaan keuangan dari BLU ke PTNBH. Itu sudah dirintis Pak Rektor, sementara jalan. Ada juga Fakultas Kedokteran, tinggal tunggu SK. Jadi kami ini enak saja, tinggal melanjutkan," tegasnya.

Berkaitan dengan arah UNM di tangannya ke depan jika terpilih sebagai rektor, Prof Ichsan sudah menampung semuanya dalam visi-misi. Namun secara umum, UNM harus lebih modern.

"Program unggulan sesuai visi-misi. Transformasi UNM terhadap perguruan tinggi yang modern dan berkelanjutan. Jadi kami mau lebih UNM ini modern," terangnya.

Sementara mengenai waktu pendaftaran, dia mengaku sudah punya makna tersendiri. "Saya daftar pertama karena ini tanggal 1, semoga saya juga menjadi orang nomor 1. Awalnya tanggal 29, tapi kami putuskan di tanggal 1 Februari ini," urainya.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNM, Prof Hamsu Gani mengaku, berkas yang diserahkan Prof Ichsan sudah lengkap. Sehingga, akan diproses ke tahap selanjutnya dengan penuh kehati-hatian.

"Panitia ini kan berpegang teguh pada prosedur dan tahapan. Jadi sesuai regulasi saja, karena harus ada pendaftar dan batasan. Alhamdulillah, hari ini Pak WR IV sudah mendaftar," kata Prof Hamsu.

Direktur Pasca Sarjana UNM itu juga mengaku, semua kandidat nantinya harus tetap menjunjung tinggi setiap tahapan. Sebab, bagaimanapun kondisinya, rektor UNM selanjutnya sudah ditetapkan di garis tangan kandidat itu sendiri.

"Saya yakin, rektor selanjutnya sudah dicatat sama Tuhan. Jadi tidak akan mungkin tertukar. Kalau memang Pak WR IV yang digariskan, ya insyaallah beliau yang akan pimpin UNM. Begitu juga dengan yang lain," tuturnya. (fjr/pp)

  • Bagikan