Hasil Piala Asia 2023: Jepang Menangis, Disingkirkan Secara Dramatis oleh Iran, Penalti di Menit Akhir

  • Bagikan

Pemain Iran merayakan kemenangan. --ist-1

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Jepang menangis! Yah, kekalahan menyesakkan dialami usai dikalahkan secara dramatis oleh Iran di menit akhir. Iran menang 2-1.

Kemenangan itu, mengantarnya
melangkah ke semifinal Piala Asia 2023  pada pertandingan di Education City Stadium, Sabtu, 3 Februari 2024 malam.

Iran harus bangkit usai tertinggal terlebih dahulu akibat gol Hidemasa Morita di menit ke-28. Iran kemudian menyamakan kedudukan lewat Mohammad Mohebi di menit ke-55.

Tertinggal satu gol, Iran terus menggempur pertahanan Jepang di akhir-akhir babak pertama yang dikomandoi oleh Takehiro Tomiyasu.

Hingga babak pertama selesai, Timnas Jepang tetap unggul 1-0 atas Iran dalam perempat final Piala Asia 2023.

Masuk babak kedua, Iran yang mengejar ketertinggalan menyerang pertahanan Jepang untuk mencetak gol.

Timnas Iran akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 55. Mohammad Mohebi menjebol gawang Suzuki usai memanfaatkan asisst dari Sardar Azmoun.

Meski di turnamen ini tidak mencetak gol, peran Azmoun sangat vital karena beberapa kali menciptakan assist di sejumlah laga Iran.

Pada menit 80 pemain Iran sempat meminta wasit mengecek VAR karena tangan pemain Jepang menyentuh bola saat menghalau sepakan pemain Tim Melli. Namun wasit asal China, Ma Ning tidak melakukan apa-apa.

Iran kembali mendapat peluang pada menit 83. Tendangan gunting Saeid Ezatullah dari luar kotak penalti bisa ditangkap Suzuki dengan baik.

Pertahanan Jepang terus digempur oleh Timnas Iran diakhir-akhir pertandingan. Disaat babak dua hendak selesai, Timnas Iran mendapat hadiah penalti setelah Ko Itakura melakukan pelanggaran pada menit 93.

Kapten Iran, Alireza Jahanbakhsh yang mengambil tendangan penalti bisa melaksanakan tugas dengan baik untuk membawa Iran unggul 2-1 atas Jepang.

Timnas Iran akhirnya lolos secara dramatis ke babak semifinal Piala Asia 2023 setelah mempertahankan keunggulan 2-1 atas Jepang.

Iran akan menanti pemenang antara Qatar vs Uzbekistan yang baru akan bertanding Sabtu, 3 Februari 204 malam di Al Bayt Stadium.

Mereka memburu gelar keempat sepanjang sejarah usai berjaya pada edisi 1968, 1972, dan 1976. (*/net/pp)

Susunan Pemain Iran vs Jepang

Iran: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian, Hossein Kanaanizadegan, Shojae Khalilzadeh, Milad Mohammadi, Omid Ebrahimi, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Saman Ghoddos, Mohammad Mohebi, Sardar Azmoun

Jepang: Zion Suzuki, Seiya Maikuma, Ko Itakura, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Ito, Wataru Endo, Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Hidemasa Morita, Daizen Maeda, Ayase Ueda

  • Bagikan