Satu-satunya Calon Rektor UNM Makassar Perempuan, Berikut Sepak Terjang Prof Hasmyati

  • Bagikan

Prof Dr Hasmyati, M.Kes.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pendaftaran calon Rektor Universitas Negeri (UNM) Makassar periode 2024-2028 sementara berjalan.

Lima figur disebut-sebut akan maju. Mereka adalah Prof Dr Hasnawi Haris, Prof Dr Karta Jayadi, Prof Dr M Ichsan Ali, Prof Dr Eko Sujiono, dan Prof Dr Hasmyati, M.Kes.

Dari kelimanya, hanya Prof Hasmyati merupakan satu-satunya figur perempuan yang bersaing melanjutkan kepemimpinan Prof Dr Husain yang akan berakhir Mei 2024.

Prof Dr Hj Hasmyati M.Kes adalah dekan di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar.

Hasmyati terpilih pada Desember 2017 dan resmi dilantik sebagai dekan pada tanggal 5 Februari 2018.

Saat dilantik menjadi dekan FIK UNM, Prof Hasmyati mencatat sejarah baru di FIK UNM.

Prof Hasmyati menjalani masa kecilnya dengan didikan ‘keras’ dari sang ayah yang merupakan seorang prajurit TNI. Ia menghabiskan masa kecilnya bersama keluarganya di Kabupaten Bone.

Sejak kecil, Prof Dr Hj Hasmyati mengimpikan menjadi seorang guru. Melihat banyak kerabatnya yang menjadi guru, membuatnya ikut termotivasi untuk menjadi hal yang sama. Hingga akhirnya, iapun berusaha mewujudkan impiannya dengan mendaftarkan diri di UNM sebagai mahasiswa keguruan.

Saat kuliah di semester 5 dan 6, ia diangkat menjadi asisten dosen untuk membantu mata kuliah yang diajarkan. Ia ditunjuk oleh dosen bernama Ida Mauriga yang pada saat itu menjabat sebagai sekretaris jurusan. Ialah yang membimbing dan mengarakan Prof Dr Hj Hasmyati untuk bisa mengajar atau menjadi instruktur senam.

Perempuan kelahiran 5 September 1968 ini memutuskan maju bersaing sebagai calon rektor semata-mata untuk mendeikasikan dirinya kepada almamater tercinta Universitas Negeri Makassar.

Pengalamannya sebagai dekan FIKK dua periode merupakan modal untuk memimpin universitas terbesar di Makassar ini.

Jika terpilih menjadi rektor tahun ini, guru besar ilmu olahraga ini akan mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama yang memimpin UNM Makassar. (uj/pp)

  • Bagikan