Janji Anies, 700 Ribu Guru Honorer akan Diangkat hingga Berikan Beasiswa Kepada Anak Guru

  • Bagikan

Anies Baswedan berjanji akan mengangkat 700 ribu guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).-tangkapan layar youtube@kpu-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anies Baswedan berjanji akan mengangkat 700 ribu guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu dilakukan untuk menyejahterakan guru di Indonesia.

"Jadi program yang harus kita rencanakan kerjakan adalah percepatan sertifikasi guru, pengangkatan 700 ribu guru honorer menjadi guru PPPK," kata calon presiden Anies dalam debat kelima yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada Minggu 4 Januari 2024.

Selain itu, Anies juga berjanji untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak guru, dosen, dan tenaga pendidikan.

"Jangan sampai mereka mendidik pun lebih ratusan anak tapi anaknya tidak pernah bisa menyelesaikan pendidikan sampai tuntas," kata dia.

Tak hanya itu, ia juga berjanji akan mengurangi beban administrasi hingga memberikan penghargaan dan tunjangan bagi guru dan dosen.

"Kalau kita punya pegangan itu, maka terjemahannya mudah, terjemahannya atas pertanyaan, apakah tenaga pendidikan pendidik di tempat anda bertanggung jawab sudah mendapatkan penghasilan yang adil, penghasilan setara," terang Anies.

Anies juga menyempaikan bahwa penghargaan dan tunjangan bagi dosen dan peneliti yg berbasis pada kinerja.

Selain itu Anies juga meminta untuk mengurangi beban administrasi, karena dosen dibebani administrasinya luar biasa besar.

"Dosen itu mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat. Tapi jangan diberikan beban administrasi yang terlalu besar," tambahnya.

"Prinsipnya, ada nilainya dulu yang kita pegang, ada turunan teknisnya, dan bebaskan dari beban-beban yang tidak perlu," tutupnya. (*/disway)

  • Bagikan