Mahasiswa Termotivasi Jadi Orang Hebat

  • Bagikan
  • Mentan Berbagi Sukses di Kuliah Umum "Pembangunan Pertanian" Unanda Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr Ir H Amran Sulaiman, M.P memberikan kuliah umum "Pembangunan Pertanian" di Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Sabtu 3 Februari 2024. Kalau mau jadi orang hebat dan sukses, tiru semangat pahlawan nasional Andi Djemma.

"Cukup dengan baca buku-bukunya. Lalu, dipraktekkan. Bagaimana dia kerja keras melawan penjajah. Jangan sudah dibaca, pulang lalu tidur," tandas Mentan Amran Sulaiman memberi semangat kepada peserta kuliah umum.
Di kuliah umum yang bertemakan "Pembangunan Pertanian", Amran Sulaiman banyak mengulas kiat-kiat menjadi orang sukses, hebat. Bisa menjadi pengusaha dan konglomerat.

"Mau sukses?" tanya menteri dari atas mimbar. Lalu dijawab para mahasiswa dengan suara lantang, "mau".
"Caranya sederhana. Rubah dan perbaiki mindset atau pola pikir agar sukses di masa depan," tegasnya. "Rubah cara bertindak. Dan konsisten. Ini harus jadi kebiasaan. Sehingga sukses," lanjut mentan RI penuh semangat.

Bila ingin sukses, katanya, habiskan air mata Anda sekarang sampai sukses 15 tahun ke depan. Kalau tidak, maka 15 tahun ke depan Anda akan menangis karena menyesal.

”Jadi kalian bisa pilih, keluarkan air mata perjuangan atau keluarkan air mata penyesalan,” ungkap AAS.
Menurut AAS semua mahasiwa yang mengikuti seminar memiliki potensi yang sama untuk meraih kesuksesan dan mengubah dunia. "Anak-anakku mahasiswa yang masih muda-muda semua. Mulai sekarang cucurkan semua air matamu, keluarkan semua energimu untuk bekerja,” imbuhnya.

Ditambahkan, pada akhirnya nanti akan dinikmati hasilnya. Ingat proses tak akan membohongi hasil. ”Untuk meraih sukses, harus dipersiapkan dari sekarang. Tidak ada sukses yang diraih secara instan, semuanya berproses,” tegas Founder Tiran Group.
Menurutnya, rancang dari sekarang, kalau mau jadi pengusaha sukses.

Karena pengusaha itu tidak kenal perguruan tinggi. Ingat, banyak konglomerat dunia tamat SMA. Nah, apalagi kalian sudah di perguruan tinggi. Jadi sudah bisa sukses.

Dan yang terpenting adalah kepercayaan diri harus tinggi. "Anda semua memenuhi syarat kaya. Menjadi bupatil/walikota, gubernur bahkan presiden. Tapi hari ini rubah cara pikir, kebiasaan bertindak malas," imbuh Amran Sulaiman yang merintis usahanya dari Palopo dengan inovasi Tiran atau Tikus Diracun.

"Mau tahu yang bakal miskin?" tanya mentan RI lagi. Ia lalu melanjutkan. "Selalu lambat masuk kuliah dan mau cepat pulang," ucapnya sambil tersenyum tipis dan disambut sorak peserta kuliah umum.

Ke Aula kantor walikota Palopo, Mentan RI disambut Rektor Unanda Dr Ir H Annas Boceng, M.Si, wakil rektor, dekan, dosen, dan staf Unanda Palopo. Juga hadir Prof Dr H Baharuddin Mappangaja, ketua pengurus Yayasan To'Ciung Unanda. Mentan RI langsung naik ke panggung dan membawakan materi kuliah umum yang cukup menginspirasi masa depan mahasiswa Unanda.

Ia mengingatkan bahaya jadi miskin. "Ingat kalau kita miskin, sahabat berkurang, almamater kurang. Menyangkal bahwa kita satu alumni. Itu kalau kita hidup dalam garis kemiskinan," ujarnya mengingatkan.
Tapi kalau sukses, lanjut dia, almamater bertambah, sepupu bertambah, orang Palopo bertambah, dan alumni Andi Djemma bertambah. "Karena orang-orang sekitar akan sanjung kita dan akan mendekat," urainya.

Untuk itu, ia sekali lagi mengingatkan untuk keluarkan air mata dari sekarang. "Kalau kita main-main hari ini, nanti penderitaan menjemputmu. Ada nama besar Andi Djemma patut kita teladani," paparnya.
"Anda bertarung hari ini, kebahagiaan akan jemput 15 tahun kemudian," paparnya.

Usai memberikan kuliah umum, Mentan RI membantu alat pertanian kepada Unanda Palopo. Alat pertanian berupa combine, traktor untuk mengelola lahan yang disiapkan. Bantuan tersebut disampaikan langsung kepada Rektor Unanda Palopo, Dr Ir H Annas Boceng, M.Si.

Rektor Unanda berterima kasih atas bantuan Mentan RI. Ia juga mengapresiasi atas kesediaan Mentan mengisi kuliah umum bagi 500 mahasiswa di Unanda. "Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas ilmu yang dibagikan Mentan kepada kami dan mahasiswa. Semoga bermanfaat untuk Unanda ke depan," ucap rektor Unanda.

Salah seorang mahasiswa Unanda dari Fakultas Pertanian sangat terinspirasi dengan kiat-kiat menjadi orang sukses yang disampaikan Mentan RI. "Ini motivasi bagi kami," ujar mahasiswa. "Sangat bermanfaat sekali. Ini ilmu yang bisa mengubah masa depan kami," katanya sambil tersenyum.(ary)

  • Bagikan