Mendaftar Calon Rektor UNM, Prof Hasmyati Siap Lanjutkan Program PHS, Berikut Profilnya

  • Bagikan

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Hasmyati, M.Kes saat mendaftar di sekretariat panita pemilihan rektor di lantai 14 Menara Pinisi UNM, Senin, 5 Februari 2024. --wahyuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Hasmyati, M.Kes resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Rektor UNM masa bakti 2024-2028. Hasmyati mendaftar di sekretariat panita pemilihan rektor di lantai 14 Menara Pinisi UNM, Senin, 5 Februari 2024.

Saat mendaftar, Hasmyati diantar puluhan dosen FIKK UNM. Mereka mengenakan dress code warna putih. Hadir di antaranya mantan Wakil Rektor II UNM, Prof Dr Andi M Ichsan. Berkas Hasmyati diterima langsung ketua panitia pemilihan, Prof Hamsu Gani didampingi panitia pemilihan lainnya.

“Sengaja memilih mendaftar tanggal lima karena saya dialhirkan pada 5 September. Semoga angka lima ini adalah angka keberuntungan,” kata Hasmyati saat menyerahkan dokumen.

Kepada wartawan usai mendaftar, Hasmyati menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan program Prof Husain Syam (PHS). Ia mengaku sudah menyiapkan visi untuk UNM yang jauh lebih baik dan meneruskan program yang sudah dirintis Prof Husain Syam.

Hasmyati merupakan satu-satunya figur perempuan yang bersaing menjadi Rektor UNM kali ini. Jika terpilih menjadi rektor, guru besar olahraga ini akan mengukir sejarah perempuan pertama memimpin Universitas Negeri Makassar.

Sebelumnya Hasmyati juga sudah mencetak sejarah perempuan pertama menjadi dekan di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar. Jabatan dekan FIKK saat ini merupakan periode keduanya.

Ketua panitia pemilihan rektor, Prof Dr Hamsu Gani mengatakan hingga hari ini sudah dua calon rektor mendaftar. Sebelumnya guru besar Fakultas Teknik, Prof Dr Ichsan Ali juga sudah menyerahkan berkas.

Panitia pemilihan masih menunggu figur calon lainnya untuk datang mendaftarkan diri. Pendaftaran calon rektor UNM akan berakhir 9 Februari mendatang.

Profil

Prof Dr Hj Hasmyati M.Kes adalah dekan di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar.

Hasmyati terpilih pada Desember 2017 dan resmi dilantik sebagai dekan pada tanggal 5 Februari 2018.

Saat dilantik menjadi dekan FIK UNM, Prof Hasmyati mencatat sejarah baru di FIK UNM.

Prof Hasmyati menjalani masa kecilnya dengan didikan ‘keras’ dari sang ayah yang merupakan seorang prajurit TNI. Ia menghabiskan masa kecilnya bersama keluarganya di Kabupaten Bone.

Sejak kecil, Prof Dr Hj Hasmyati mengimpikan menjadi seorang guru. Melihat banyak kerabatnya yang menjadi guru, membuatnya ikut termotivasi untuk menjadi hal yang sama. Hingga akhirnya, iapun berusaha mewujudkan impiannya dengan mendaftarkan diri di UNM sebagai mahasiswa keguruan.

Saat kuliah di semester 5 dan 6, ia diangkat menjadi asisten dosen untuk membantu mata kuliah yang diajarkan. Ia ditunjuk oleh dosen bernama Ida Mauriga yang pada saat itu menjabat sebagai sekretaris jurusan. Ialah yang membimbing dan mengarahkan Prof Dr Hj Hasmyati untuk bisa mengajar atau menjadi instruktur senam.

Perempuan kelahiran 5 September 1968 ini memutuskan maju bersaing sebagai calon rektor semata-mata untuk mendedikasikan dirinya kepada almamater tercinta Universitas Negeri Makassar.

Pengalamannya sebagai dekan FIKK dua periode merupakan modal untuk memimpin universitas terbesar di Makassar ini.

Jika terpilih menjadi rektor tahun ini, guru besar ilmu olahraga ini akan mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama yang memimpin UNM Makassar. (Papa/pp)

  • Bagikan