Hasil Piala Asia 2023: Juara Bertahan Buat Iran Terkapar, Tuan Rumah Qatar Ladeni Yordania di Final

  • Bagikan

Pemain Qatar merayakan kemenangan. --x--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Akhirnya impian tuan rumah untuk berlaga di final Piala Asia 2023 terwujud. Itu setelah membekuk Iran,  3-2 di semifinal.

Berkat kemenangan tersebut, Qatar pun berpeluang untuk menjaga asa mempertahankan gelar yang diraih pada 2019 silam.

Berduel di Stadion Al Thumama, Rabu, 7 Februari 2024, Iran unggul cepat di menit ke-4 lewat Sardar Azmoun.

Yah, penyerang AS Roma itu menyambar sapuan buruk bek Qatar Pedro Miguel dengan tendangan salto yang menghujam sudut kanan gawang kiper Meshaal Barsham.

Hanya saja, keunggulan itu bertahan sebentar. Sebab, Qatar sukses menyamakan skor di menit ke-17.

Adalah Jassem Gaber membalasnya. Ia menuntaskan umpan tarik Akram Afif dengan tembakan jarak jauh. Bola membentur Saeid Ezatolahi sebelum melaju masuk ke gawang yang dijaga Alireza Beiranvand.

Nasib sial dialami Iran. Karena justru pada menit ke-43, Qatar berbalik unggul. Afif melakukan cut-inside dari sisi kiri yang kemudian coba dihalau barisan belakang Iran. Meski dikelilingi empat pemain lawan, namun tembakannya ke sudut kanan gawang Iran tak mampu dibendung Beiranvand. Akhirnya, skor berbalik. Qatar unggul 2-1. Keunggulan itu bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Iran mendapat hadiah penalti pada menit ke-49 akibat handball yang dilakukan gelandang Qatar Ahmed Fathi di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil mengecoh Barsham. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Kedudukan imbang ini, kedua tim silih berganti melakukan serangan.

Qatar terus berupaya menambah gol. Peluang hadir lewat Yusuf Abdurisag di menit ke-53. Hanya saja, sukses dihalau Beiranvand. Sundulan Almoez Ali pada menit ke-72 juga mudah saja diamankan kiper 31 tahun itu.

Peluang juga diciptakan Iran. Yah, Azmoun nyaris mencetak gol kedua di laga ini lewat sundulan di menit ke-75. Namun,, Boualem Khoukhi dengan sigap menyapu bola di garis gawang Qatar, mencegah terjadinya gol.

Akhirnya, di pengujung babak kedua, Qatar berhasil mendapat gol ketiga di menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem justru mendarat di kaki Almoez di kotak penalti. Dengan tenang, ia melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.

Video Assistant Referee mengecek gol tersebut karena Almouz diduga offside, namun striker 27 tahun itu dinyatakan onside sehingga gol pun disahkan. Skor menjadi 3-2 untuk Qatar.

Tertinggal 2-3,
Iran pun berupaya menyamakan kedudukan. Tapi, harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-90+3 usai Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah akibat pelanggaran terhadap Afif yang tengah berlari menuju gawang Iran untuk mencetak gol.

Akhirnya, injury time lebih dari 15 menit tak mampu dimanfaatkan Iran untuk mencetak gol.

Qatar pun berhasil melenggang manis ke babak final.

Di partai puncak, Qatar akan menghadapi Yordania yang sebelumnya menyingkirkan Korea Selatan 2-0.

Partai final sendiri akan dijadwalkan pada Sabtu, 10 Februari 2024 akhir pekan ini. Kick-off pertandingan pada jam 23.00 Wita. 

Final Piala Asia 2024 akan dimainkan di Lusail Stadium, Qatar. Stadion ini adalah stadion terbesar di Timur Tengah. Bisa menampung sampai 88.966 ribu penonton. Stadion ini juga digunakan untuk menghelat final Piala Dunia 2022 lalu, laga Argentina kontra Prancis. (*/net/pp)

Susunan pemain

Iran: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian (Shahriyar Moghanlou 87'), Hossein Kanani, Shojae Khalilzadeh, Ehsan Hajsafi (Milad Mohammadi 46'), Omid Ebrahimi (Mohammad Mohebi 46'), Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Mehdi Taremi (Reza Asadi 90+8'), Saman Ghoddos, Sardar Azmoun.

Qatar: Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Almahdi Ali (Boualem Khoukhi 68'), Pedro Miguel (Tarek Salman 63'), Hammam Al-Amin (Ismaeel Mohammad 46'), Mohammed Waad, Ahmed Fathi, Jassem Gaber (Abdel Aziz Hatem 81'), Yusuf Abdurisag (Hasan Al Haydos 63'), Akram Afif, Almoez Ali.

  • Bagikan