Bawaslu Toraja Utara Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Brikken: Mereka Sudah Siap Melaksanakan Tugasnya di 748 TPS

  • Bagikan

Ketua Bawaslu Toraja Utara Brikken Linde Bonting, SH, MH bersama peserta Apel Siaga pengawasan tahapan masa tenang pemilu tahun 2024, di alun-alun kota Rantepao, Sabtu, 10 Februari 2024. --albert tinus--

PALOPOPOS,FAJAR CO.ID,RANTEPAO - Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Toraja Utara ,gelar apel Siaga pengawasan tahapan masa tenang pemilu tahun 2024 .

Kegiatan tersebut digelar di Alun-alun Kota Rantepao , Sabtu, 10 Februari 2024, dihadiri ribuan penyelenggara Bawaslu, baik Pengawasan Kecamatan, Pengawas Lembang (Desa)/ Kelurahan, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Sekretariat Kecamatan.

Apel Siaga pengawasan tahapan masa tenang pemilu tahun 2024 dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Toraja Utara Brikken Linde Bonting.

Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting usai acara apel siaga pengawasan masa tenang pemilu 2024 kepada para awak media mengatakan bersyukur hari ini melaksanakan apel siaga pengawasan masa tenang.

"Sekaitan dengan perangkat-perangkat kita terutama pembentukan seleksi dan lain sebagainya. Sampai hari ini 748 pengawas per TPS sudah terlatih dalam melalui bimtek-bimtek yang sesuai dengan aturan. Dan hari ini mereka sudah siap melaksanakan tugasnya di 748 TPS di 151 Lembang dan Kelurahan di 21 Kecamatan,'' ungkap Briken.

Terkait alat penurunan alat peraga kampanye (APK) yang berakhir hari ini, Ketua Bawaslu Toraja Utara ini mengatakan penurunan alat peraga kampanye dan bahan kampanye sesuai dengan rapat koordinasi bersama KPU, Stakeholder TNI , Polri, Satpol-PP, Perwakilan Partai Politik, hari ini diberikan kesempatan waktu ini kepada seluruh partai politik, pasangan calon presiden, wakil presiden dan DPD untuk menurunkan secara mandiri.

Aturan memang seperti itu, namun jika sampai pukul 23:59 Wita itu tidak diturunkan, maka pihaknya akan menurunkannya.

"Pada pukul 00:00 Wita mulai nanti kami akan star dari perbatasan untuk memastikan seluruh alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye akan diturunkan. Dan, kita akan berbagi untuk memastikan tidak ada tebang pilih, dan ada pengecualian bagi sekretariat partai politik. Kalau posko-posko relawan sesuai kesepakatan kita semua harus bersihkan terkecuali kantor partai atau sekretariat .Tetapi di sana tidak ada lagi gambar dan pasangan calon dan lain sebagainya, kecuali papan nama partai politik dan bendera partai," jelas Briken mantan Ketua KNPI Toraja Utara ini.

Brikken Linde Bonting juga jelaskan terkait penggunaan Kampanye di Media Sosial (Medsos) dia mengatakan bahwa penggunaan Kampanye di media sosial itu sudah diatur tepat hari ini sudah harus berhenti. Makannya kami himbau kepada seluruh rekan-rekan media bahwa seluruh iklan kampanye dan lain sebagainya harus berhenti.

"Mohon kerjasamanya kepada kita semua untuk menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif.Jadi semua yang terdaftar di KPU media-media sosialnya itu harus berhenti. Kalau tidak itu adalah pelanggaran," tegas Ketua Bawaslu Toraja Utara ini.

Dalam kegiatan apel siaga pengawasan masa tenang pemilu tahun 2024, turut hadir Ketum BPS Pdt. Dr. Alfred Anggui,M.Th, Wakil Bupati Toraja Utara Frederick Victor Palimbong, Ketua GAMKI Toraja Utara dr. Budhi Karoma,Sp.Mata dan jajarannya,Perwakilan dari Kodim 1414/Tator, perwakilan dari Satpol PP dan Pramuka .(Albert )

  • Bagikan