KPU Torut Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Delapan Kecamatan, Jan Heri Pakan: Kita Lihat Kecamatan yang Terjauh

  • Bagikan

Suasana saat pendistribusian logistik pemilu 2024 ke delapan Kecamatan di Torut, dikawal oleh pihak dari Kepolisian Polres Toraja Utara. --,ist--

PALOPOPOS,FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara, melaksanakan pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di delapan Kecamatan Sabtu,10 Februari 2024.

Dalam pendistribusian logistik pemilu 2024 ke delapan kecamatan, dikawal oleh pihak dari Kepolisian Polres Toraja Utara.

Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan yang ditemui digudang logistik kepada para awak media mengatakan pendistribusian logistik ke kecamatan Awan, Baruppu' , Buntupepasan, Denpina, Rindingallo, Kapalapitu, Rantebua, dan Seseansuloara'.

''Jadi, itu yang kita berangkatkan hari ini, tapi jadwal bisa berubah tergantung kondisi,'' katanya.

"Kemarin rencana dua Dapil kita mau berangkatkan, tapi karena satu dan lain hal bukan lagi per dapil tapi per kecamatan. Kita lihat kecamatan yang jauh dulu, kemudian yang paling sedang dan yang paling dekat", jelas Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara ini.

Adapun logistik pemilu tahun 2024 yang didistribusikan ke delapan Kecamatan seperti Bilik Suara, Kotak Suara, Kertas Surat Suara, tinta dan Cplano serta material lainnya.

Pendistribusian Logistik Pemilu di delapan Kecamatan, juga menghadirkan pihak stakeholder terkait Bawaslu Kabupaten Toraja Utara, Polres, Kapolsek, TNI dari Kodim 1414/Tator, Kejaksaan Negeri Tana Toraja Cabang Rantepao, Ketua PPK dan Panwascam untuk bersama-sama menyaksikan pengangkutan pendistribusian Logistik Pemilu di gudang logistik.

“Pendistribusian Logistik Pemilu di Kecamatan dikawal langsung oleh Kepolisian, TNI, Bawaslu, PPK, dan Panwascam sampai ke tujuan atau ke Kantor Kecamatan yang sudah ditentukan,” ujar Ketua KPU.

Lebih lanjut Ketua KPU Toraja Utara menjelaskan bahwa logistik Pemilu sebelum dinaikkan ke truk, kembali diperiksa semua, apakah semua sudah sesuai jumlahnya dan apakah sudah terpakking dengan baik. Setelah itu, baru dinaikkan ke truk untuk diberangkatkan ke Kecamatan-Kecamatan.

“Ya, dengan pendistribusian logistik pemilu hari ini, kami berharap semua berjalan dengan baik, lancar, dan aman sampai ke tujuan,” tutur Jan Hery Pakan.

Ditambahkan bahwa pendistribusian Logistik Pemilu sesuai tahapan di jadwalkan selama 3 hari, mulai hari ini tanggal 10 sampai 12 Februari 2024. Sehingga pada tanggal 13 Februari Logistik Pemilu yang ada di tingkat PPK atau Kecamatan dilanjutkan untuk di distribusikan ke TPS-TPS Lembang dan Kelurahan,” ungkapnya.

Disampaikan juga bahwa logistik pemilu mulai dari pemberangkatan dari Gudang Logsitik KPU Toraja Utara sampai di Kecamatan dan di TPS terus dilakukan pengawalan dan pengamanan oleh aparat Kepolisian, TNI, Bawaslu dan Hansip. Begitu juga sampai hari “H” pencoblosan, Penghitungan kertas surat suara, dan kembali ke KPU Toraja Utara aparat Kepolisian, TNI, Bawaslu terus melakukan pengawalan dan pengamanan.

Untuk diketahui bahwa pendistribusian kedua logistik pemilu, hari ini 11 Februari ada 7 Kecamatan yakni Kecamatan Sesean, Balusu, Sa’dan, Sanggalangi’, Bangkelekila’, Sopai dan Kesu’.

Dan pada tanggal 12 Februari 2024 hari ini , pendistribusian logistik pemilu ada Enam Kecamatan, yakni Kecamatan Nanggala, Buntao’, Tondon, Rantepao, Tallunglilu dan Tikala.

Berikut 8 Kecamatan yang di lakukan pendistribusian logistik Pemilu :
Kecamatan Baruppu’, ada 4 Desa, 24 TPS, 120 Kotak dan 4 ret.
Kecamatan Awan Rantekarua, ada 4 Desa, 20 TPS, 100 Kotak dan 2 ret.
Kecamatan Rindingallo, ada 9 Desa, 30 TPS, 150 Kotak dan 3 ret.
Kecamatan Denpina, ada 8 Desa, 27 TPS, 135 Kotak dan 3 ret.
Kecamatan Kapalapitu, ada 6 Desa, 20 TPS, 100 Kotak, 2 ret.
Kecamatan Buntupepasan, ada 13 Desa, 39 TPS, 195 Kotak dan 4 ret.
Kecamatan Rantebua, ada 7 Desa, 27 TPS, 135 Kotak dan 3 ret
Kecamatan Sesean Suloara’, ada 5 Desa, 20 TPS, 100 Kotak dan 2 ret.(Albert)

  • Bagikan