Lazio Gebuk Bayern Munich, PSG Tumbangkan Real Sociedad di Paris

  • Bagikan
Bayern Munich Keok dari SS Lazio, PSG Tumbangkan Real Sociedad di Paris-@official_sslazio-Instagram

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Babak 16 besar UEFA Liga Champions berlangsung dini hari, Kamis 15 Februari 2024.

Pada partai ini, secara mengejutkan SS Lazio mampu menumbangkan FC Bayern Munich di Stadion Olimpiade dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Ciro Immobile dari titik putih mampu membuat il Biancoceleste unggul di leg pertama 16 besar UCL.

Sementara itu, Paris Saint-Germain (PSG) sukses membuat Real Sociedad pulang dengan tangan hampa usai dikalahkan dengan skor 2-0.

Tidak peduli apa pun yang dicoba Bayern Munich, klub Jerman itu tidak dapat mencetak gol di kandang SS Lazio.

Tak satu pun dari 16 tembakan Bayern yang tepat sasaran pada hari Rabu saat mereka kalah 1-0 di markas Lazio pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Empat hari setelah kekalahan telak di Bundesliga, Bayern kembali tidak memenuhi ekspektasi.

Kapten Lazio Ciro Immobile mengonversi tendangan penalti ketika Bayern bermain dengan 10 pemain pada pertengahan babak kedua setelah klub Jerman itu gagal memanfaatkan serangkaian peluang.

“Ini merupakan minggu yang berat,” kata striker Bayern Harry Kane.

“Kami memulai dengan baik dan memiliki beberapa peluang yang jelas. Saya punya satu, Jamal (Musiala) punya satu, Josh (Kimmich) punya satu dari tepi kotak. Dalam pertandingan ini, itu adalah momen besar yang tidak dapat kami ambil," sambungnya.

Harry Kane mendapat umpan dari Thomas Müller tepat di depan gawang tujuh menit kemudian namun gagal memanfaatkan tendangan setengah volinya.

“Itulah yang Anda inginkan dan saya hanya bersandar,” kata Kane.

“Itulah sepak bola dan bagian dari menjadi seorang striker: Anda akan merindukan mereka sesekali. Hal utama bagi saya dan tim adalah fokus pada tantangan berikutnya. Kita berada dalam masa sulit, tidak ada yang bisa disembunyikan. Kami belum keluar dari situasi ini dan kami tidak akan pernah menyerah. Satu percikan dapat mengubah banyak hal dan kami perlu berusaha menemukannya.”

Ditambah kekalahan 3-0 di markas Bayer Leverkusen, hasil tersebut memberi tekanan pada Bayern dan pelatih Thomas Tuchel jelang leg kedua pada 5 Maret.

“Dari sudut pandang saya, kami menghasilkan reaksi (terhadap kekalahan Leverkusen) di babak pertama,” kata pemain Bayern Thomas Müller.

“Kami seharusnya bisa memimpin di babak pertama. Jika kita berbicara tentang reaksi, Anda tidak selalu bisa mendiskusikan hasilnya – yang tentu saja merupakan produk akhir yang bagus untuk sebuah reaksi – tetapi yang pertama dan terpenting, kita berbicara tentang pendekatan kami.”

Bayern, juara Eropa enam kali, telah mencapai perempat final atau lebih baik dalam 11 dari 12 kampanye terakhirnya di Liga Champions – kecuali tersingkir di babak 16 besar oleh Liverpool lima tahun lalu.

Lazio, yang duduk di urutan ketujuh di Serie A, kalah dari Bayern dalam satu-satunya penampilan babak 16 besar lainnya tiga tahun lalu. Namun tim asuhan Maurizio Sarri, yang finis kedua di belakang juara Italia Napoli musim lalu, tampil solid akhir-akhir ini, memenangkan lima dari tujuh pertandingan liga terakhirnya.

Bek Bayern Dayot Upamecano dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran terhadap Gustav Isaksen dan Immobile membuat kiper Manuel Neuer salah jalan dengan tendangan penalti berikutnya. Penyerang Italia ini kini telah mencetak empat gol terakhir Lazio di kompetisi ini, setelah mencapai angka 200 gol di Serie A pada akhir pekan.

Kylian Mbappé kembali mencetak gol di Liga Champions dan pemain sayap baru Bradley Barcola mencetak gol pertamanya di kompetisi tersebut saat Paris Saint-Germain mengalahkan Real Sociedad 2-0 di leg pertama babak 16 besar dini hari tadi.

Mbappé yang berusia 25 tahun bergabung dengan PSG pada tahun 2017 dalam kesepakatan senilai 180 juta ($193 juta).

Ia telah mencetak rekor klub sebanyak 243 gol sejak saat itu.

Barcola yang berusia 21 tahun tiba dari Lyon dengan kesepakatan senilai 50 juta euro ($54 juta) untuk pemain yang relatif tidak dikenal, dan mulai mengesankan dengan keterampilan dan ketenangannya.

Namun, Sociedad mendominasi permainan dalam waktu yang lama meski kehilangan pemain kuncinya karena cedera, hingga gol Mbappé pada menit ke-58.

Terobosan terjadi ketika Marquinhos menyundul tendangan sudut Ousmane Dembele dari kanan dan Mbappé tidak terkawal di tiang belakang untuk melakukan tendangan voli.

Beberapa menit kemudian, tendangan Mbappé dari tepi kotak penalti ditepis ke mistar gawang oleh kiper Álex Remiro.

Remiro kebobolan lagi pada menit ke-70 ketika Barcola yang cepat menyerang dari sisi kiri, melewati bek kanan Hamari Traoré dengan mudah dan memasukkan bola ke dalam — membuat pelatih Luis Enrique melompat dari bangku cadangan untuk merayakannya. (dis/pp)

  • Bagikan