Ini Hitungan-hitungan Peluang Lolos PSM Makassar di 4 Besar Liga 1 dan Maju ke Babak Championship Series

  • Bagikan

Selebrasi penyerang PSM Makassar Adilson Silva ke gawang Persita Tangerang (Foto: dok PSM Maassar)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Masih terbuka. Ya, peluang PSM Makassar masih tetap terbuka untuk mempertahankan gelar juaranya musim ini, meski terseok-seok.

Saat ini, performa yang terus meningkat yang ditunjukkan oleh PSM Makassar. Bahkan di enam laga terakhir mereka tidak memiliki catatan kekalahan.

Catatan tak terkalahkan ini tentunya menjadi modal tersendiri sekaligus menambah motivasi pemain untuk terus bersaing.

Meski sempat terseok-seok di awal musim, kini PSM Makassar berusaha untuk merangsek ke papan atas klasemen sementara.

Tim berjuluk Juku Eja ini pun tidak perlu untuk sampai di posisi puncak klasemen jika ingin mempertahankan gelar juara Liga 1 yang diraih musim lalu tepatnya musim 2022/2023.

PSM Makassar diketahui hanya perlu sampai di posisi keempat atau setidaknya finish di posisi empat besar klasemen.

Jika hal tersebut bisa diraih oleh M Arfan dan kawan-kawan, mereka tentunya akan punya peluang besar karena berhasil melaju ke babak Champions series.

Untuk Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 sendiri sudah menggunakan forma baru. memainkan babak reguler series dan champions series.

PSM Makassar saat ini berada di peringkat 10 klasemen dengan poin 32, menyisakan sepuluh pertandingan

Dengan sisa 10 laga, peluang PSM Makassar memang masih terbuka lebar. Namun, tim Juku Eja wajib tidak boleh lagi terpeleset alias menelan kekalahan.

Dari sisa 10 pertandingan tersebut, M Arfan Cs masih memiliki enam pertandingan kandang dan empat laga di sisanya berlangsung di kandang lawan.

Faktor yang paling menentukan akan tersaji di pekan ke-25 dan 26, ketika skuad Asuhan Bernardo Tavares ini berhadapan denga lawan tangguh Bali United dan Persebaya Surabaya.

PSM Makassar sendiri wajib menyapu bersih semua partai kandang termasuk di pekan 25 dan 26 agar bisa meraih bersih 18 poin.

Jika hal tersebut berhasil di wujudkan, maka PSM berhasil mengoleksi 50 poin, dengan harapan di sisa laga tandang mereka juga mampu meraih hasil positif.

Jika Juku Eja berhasil mendapatkan hasil positif di empat partai tandang, maka mendapatkan 12 poin, total poin Laskar Pinisi menjadi 62 poin di akhir kompetisi.

Tentunya dengan skema ini, PSM Makassar masih bisa mengejar tiga tim yang berada di posisi kedua sampai empat klasemen saat ini.

Diantaranya ada, Bali United dan Persib Bandung mempunyai 41 poin. Sementara tim peringkat dua saat ini PSIS Semarang mempunyai 42 poin.

Waspada berlebih tentunya menjadi milik ketiga tim ini. Sebab jika ada yang terpeleset di dua laga saja, maka peta persaingan bakalan berubah. (fjr/pp)

  • Bagikan