PSU di TPS 14 Balandai dan TPS 15 Temmalebba Rawan Politik Uang

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI TPS

Beredar Kabar Oknum Caleg Siap Banderol Rp1-1,5 juta per Suara

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rencana pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa TPS di Kota Palopo rawan terjadi money politic atau politik uang.
Khusunya PSU suara Caleg dua TPS di TPS 14 Kelurahan Balandai dan TPS 15 Kelurahan Temmalebba, Kecamatn Bara, Palopo.

Terkait informasi rawan politik uang di dua TPS itu, diperoleh dari sejumlah warga yang datang menghadiri rekapitulasi surat suara di Kantor Camat Bara, Ahad, 18 Februari 2024 malam.

Tak tanggung- tanggung, informasi yang diperoleh dari beberapa orang di lokasi malam itu, menyebut sudah ada oknum caleg dari partai tertentu telah mempersiapkan sejumlah uang yang akan digunakan until menyiram (menyogok calon pemilih) di dua TPS tersebut.

"Rawan sekali itu TPS 14 Balandai dengan TPS 15 Temmalebba. Kalau caleg yang punya basis di TPS itu tidak jaga betul suaranya disana, bahaya betul itu. Sudah ada yang siap menyiram disana nanti, informasi sudah ada yang siap dananya mau siram Rp1 juta sampai Rp1, 5 juta per orang,"kata warga.

Mengenai isu tersebut, Ketua Bawaslu Palopo, Khaerana yang dikonfirmasi terpisah di kantornya pada Seni, 19 Februari 2024. Mengatakan akan memperketat pengawasan di setiap TPS yang akan PSU.

"Kita akan menyampaikan informasi atau isu tersebit ke anggota agar memperketat pengawasan di TPS tersebut. Terus kita juga berharap agar masyarakat ikut partisipasi aktif melakukan pemantauan dan pengawasan kalau ada temuan seperti yang diisukan itu segerah laporkan ke kami. Nanti kami akan tindak tegas sampai ke oknumnya," kata Khaerana. (ria/idr)

  • Bagikan