HPSN, Pj Wali Kota Serahkan Motor dan Gerobak Sampah di Kali Jodoh Murante

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MURANTE– Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si menghadiri Acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Kali Jodoh, Kelurahan Murante, Kec. Mungkajang pada hari Rabu, 21 Februari 2024.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Hari Peringatan Peduli Sampah Nasional atau HPSN diperingati setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia. Peringatan HSPN sendiri dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa yang mencekam, yakni longsornya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah.

Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan Pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari TPA. Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, ini diharapkan dapat mengingatkan semua pihak bahwa sampah merupakan persoalan yang harus menjadi perhatian utama. Upaya penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari pemerintah, akademisi, aktivis, komunitas, dunia usaha, dan individu. Maksud dan tujuan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 :

1. Memperkuat komitmen dan peran aktif seluruh pemangku kepentingan tingkat nasional dan daerah dalam mengatasi polusi plastik;
2. Memperkuat partisipasi dan kesadaran publik dalam upaya pengelolaan sampah dari sumber untuk mengurangi sampah yang diolah di Tempat Pemrosesan Akhir melalui gerakan memilah dan mengolah sampah di sumber;

3. Memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi circular economy dan bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi; dan

4. Membangun rantai nilai pengelolaan sampah di seluruh sektor.
Sesuai fokus kegiatan HPSN 2024 yakni upaya untuk mencegah dan mengatasi sampah plastik dengan cara yang produktif. Laporan Ketua Panitia.

Dalam Sambutannya, Emil Nugraha Salam, S.STP.,M.M selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa Peringatan HPSN tahun 2024 akan difokuskan untuk mempersiapkan readiness Indonesia dalam menghadapi /LB/ on plastic pollution untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia. Selain itu peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah. usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif. Melalui kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 ini, pemerintah terus berupaya dan berharap adanya Peningkatan dan penyadartahuan masyarakat seperti pelaku usaha, pegiat lingkungan, wirausaha sosial, masyarakat, bisnis rintisan, dan sektor informal terhadap isu pencemaran sampah plastik. “saya mengucapkan selamat Hari Peduli Sampah Nasional 2024, semoga Allah SWT memberkahi niat dan tujuan kita ini, dan membimbing serta memudahkan semua prosesnya.”

Apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup karena mengadakan acara yang tempat yang begitu indah. Kota Palopo merupakan kota jasa, dan memiliki Alam yang begitu indah. Itu salah satu program kita itu bagaimana menjaga kebersihan kota ini. Terkait kebersihan, jumlah produksi sampah di Kota Palopo mencapai kurang lebih 90 Ton perhari. Kalau tidak dikelola dengan baik, akan menjadi masalah. Oleh karena itu kita mengambil kebijakan bagaimana cara untuk mengurangi produksi sampah, khususnya sampah plastik. Pelestarian alam kita bisa menjadi industri untuk mengurangi emisi karbon. Semua industri yang menghasilkan emisi karbon harus mengkompensasi semua yang menjadi serapan karbon, misalnya tanaman mangrove dan rumput laut. Kedepannya kami berharap bukan hanya mengurangi sampah tetapi juga bagaimana mengkompensasi karbon hingga menghasilkan uang. Tidak lupa pula kita Apresiasi kepada para petugas kebersihan atas dedikasi serta kerja kerasnya untuk membersihkan kota. Nanti kita programkan untuk tiap-tiap OPD untuk memilah sampah Organik dan Anorganik sehingga memudahkan pekerjaan Petugas Kebersihan. Kita juga akan mengedukasi masyarakat atas hal tersebut. Rencana akan mengambil sampel di 2 (dua) kecamatan terkait dengan program ini.

Acara ini dirangkaikan dengan penyerahan Surat Edaran Walikota Palopo tentang Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Palopo dan Pelaku Usaha tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai. Dilanjutkan memberikan bantuan Motor Tiga Roda kepada Bank Sampah Baruga Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Kota Palopo, yang akan menjadi kendaraan operasional dalam membantu Pemerintah Kota Palopo mengurangi timbulan sampah di Kota Palopo. Juga 1 Unit Motor Sampah dan Gerobak Sampah kepada Camat Mungkajang. Tidak Lupa pula kegiatan DLH AWARD dengan maksud memberikan apresiasi atau penghargaan kepada tenaga kebersihan yang memiliki pengabdian, kedisiplinan, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab selama ini.

Turut Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Para Manejer Pelaku Usaha Se-Kota Palopo, Camat Mungkajang, Lurah Murante, para Pemerhati Lingkungan, Serta Hadiri Tamu undangan. (rls/ikh)

  • Bagikan