Erling Haaland Mengamuk, City Bantai Luton Town 6-2, The Citizens ke Perempat Final Piala FA

  • Bagikan
Erling Haaland membawa timnya, Manchster United ke perempt final Piala FA.-mancity/Instagram-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Luar biasa penampilan Erling Haaland. Ia betul-betul mengamuk dan berhasil mencetak lima gol saat Manchester City membungkam Luton Town dengan skor telak 6-2 di Kenilworth Road pada putaran kelima Piala FA 2023/2024, Rabu dini hari, 28 Februari 2024.

Erling Haaland mencetak lima gol alias quintrick pada menit ke-3, 18, 40, 55, dan 58’, satu gol , satu gol disumbangkan melalui Mateo Kovacic pada menit ke-72, Sementara gol Luton lewat aksi Jordan Clark pada menit ke-45 dan 52.

Hasil ini membuat juara bertahan Piala FA, The Citizens mencapai perempat final untuk tetap berada di jalur mengulangi treble musim lalu.

Pemain Norwegia itu mencetak hat-trick di babak pertama dalam waktu 40 menit sebelum mencetak dua gol di babak kedua untuk penampilan lima gol keduanya di City setelah meraih prestasi melawan RB Leipzig di Liga Champions musim lalu.

Empat gol pertama Haaland di Kenilworth Road semuanya dibantu oleh Kevin De Bruyne saat duo mematikan City sedang dalam performa bagus menjelang derby Liga Premier hari Minggu melawan Manchester United.

Mateo Kovacic mencetak gol keenam Manchester City dalam kemenangan yang membuat tim asuhan Pep Guardiola berada di jalur untuk mengulangi treble musim lalu dengan City terpaut satu poin dari pemimpin Liga Premier Liverpool.

Sementara mereka akan mencapai perempat final Liga Champions.

Meskipun Manchester City unggul 3-0, Luton mengancam akan melakukan comeback luar biasa ketika Jordan Clark mencetak dua gol untuk menjadikan skor menjadi 3-2, termasuk gol pertama yang menakjubkan dari luar kotak penalti yang merupakan pilihan dari delapan gol.

Tapi Haaland mencetak gol keempat dan kelimanya dalam waktu tiga menit untuk mengakhiri harapan mereka akan perubahan haluan yang mengesankan dan menjadikannya 18 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi untuk City

“ Hubungan Kevin dengan Erling sangat bagus tetapi semua orang berkontribusi. Senang bisa mencapai perempat final, satu pertandingan lagi dari Wembley,” kata Pep Guardiola.

Pep Guardiola menambahkan, Erling membutuhkan pemain dengan visi, kualitas, dan kemurahan hati.

“ Kevin adalah pemain yang tidak terlalu egois di depan gawang. Kevin membutuhkan pergerakan dari Erling. Kami tahu betapa agresifnya mereka,” katanya.

Setiap umpan bagus, Pep Guardiola mengatakan, penyelesaian akhir dari Erling bagus. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol, kami punya dua atau tiga peluang lagi, satu lawan satu dengan Krul.

“ Tapi para pemain membaca (permainan) dengan sangat baik, mereka melakukannya dengan sempurna,” ujar Pep.

“ Satu-satunya kekhawatiran saya adalah Erling sudah dua bulan berhenti, dia tidak bisa berjalan, tidak bisa melakukan apa pun. Ketika Anda kehilangan dua bulan, ritme itu tidak mudah untuk dikembalikan.

Penampilan lima gol Haaland dimulai pada menit ketiga saat Matheus Nunes memberikan umpan kepada De Bruyne yang kemudian memberikan umpan silang untuk Haaland untuk mencetak gol pertama kali di dalam kotak.

Pasangan ini kemudian bekerja sama lagi pada menit ke-18 saat mereka memainkan umpan satu-dua dengan De Bruyne melepaskan Haaland yang menerobos ke dalam kotak Luton dan dengan tenang menyelesaikannya melalui kaki Tim Krul.

Hat-trick Haaland selesai pada menit ke-40 saat ia mengatur waktu larinya dengan sempurna untuk menerima umpan terobosan De Bruyne dan melewati Krul yang melaju kencang.

Babak pertama yang buruk diwarnai dengan hilangnya Jack Grealish karena cedera, dengan pemain internasional Inggris itu tampak kecewa setelah baru-baru ini kembali dari cedera pangkal paha.

Luton kemudian diberi harapan untuk bangkit ketika Clark melepaskan tendangan indah ke sudut atas menjelang turun minum.

Sang gelandang kemudian mencetak gol keduanya saat ia melepaskan tembakan ke tiang dekat pada menit ke-52 untuk membuat pendukung tuan rumah memimpikan kebangkitan yang luar biasa.

Namun kenyataannya hanya tiga menit kemudian ketika Haaland mencetak gol keempatnya saat De Bruyne tanpa egois memberikan umpan padanya.

Haaland mencetak gol kelimanya tiga menit kemudian dengan Bernardo Silva sebagai pemberi umpan saat ia memasukkan pemain berusia 23 tahun itu yang melepaskan tembakan mendatar yang melewati Krul untuk menghasilkan lima gol dalam 58 menit.

Manchester City akhirnya memiliki pencetak gol berbeda pada menit ke-72 ketika Kovacic melepaskan tembakan dari jarak jauh yang melewati Krul untuk menutup penampilan bagus tim asuhan Guardiola menjelang beberapa bulan terakhir musim ini. (dis/pp)

Susunan Pemain Luton Town vs Manchester City

LUTON (3-4-2-1): Krul; Bell, Mengi, Burke; Doughty, Barkley, Clark, Ogbene; Chong, Morris; Woodrow

Pelatih: Rob Edwards

MANCHESTER CITY (4-2-3-1): Ortega; Ake, Akanji, Stones, Walker; Nunes, Kovacic; Grealish, Silva, De Bruyne; Haaland

Pelatih: Josep Guardiola

  • Bagikan