Hari Ini, Pj Gubernur Kunjungi Lokasi Longsor Bonglo

  • Bagikan
Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh saat melihat tahap pembukaan akses jalan di lokasi bencana longsor Bonglo, Rabu 28 Februari 2024, kemarin siang. Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Ir Fadriaty AS, Wakil Ketua DPRD Luwu Zulkifli,, Anggota DPRD Luwu Andi Mammang, Kapolres Luwu AKBP Arisandi, Dandim 1403 Palopo Letkol ARM Kabit Bintoro Priyambodo, Kabasarnas Makassar Mexianus Bekabel, Danyon Brimob Pelopor D Baebunta Kompol Muhammad Agus, Kepala BPBD Luwu,k dan sejumlah kadis Pemkab Luwu. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BONGLO -- Pj Gubernur Sulsel, Dr Bahtiar Baharuddin dijadwalkan akan mengunjungi lokasi bencana longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kab. Luwu hari ini. Hal itu disampaikan Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh saat melihat tahap pembukaan akses jalan di lokasi bencana, Rabu 28 Februari 2024, kemarin siang.

Pj Bupati Luwu datang ditemani Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Ir Fadriaty AS, Wakil Ketua DPRD Luwu Zulkifli,, Anggota DPRD Luwu Andi Mammang, Kapolres Luwu AKBP Arisandi, Dandim 1403 Palopo Letkol ARM Kabit Bintoro Priyambodo, Kabasarnas Makassar Mexianus Bekabel, Danyon Brimob Pelopor D Baebunta Kompol Muhammad Agus, Kepala BPBD Luwu,k dan sejumlah kadis Pemkab Luwu.

Pada kesempatan itu Pj Bupati menyaksikan alat berat hilir mudik menyingkirkan material tanah yang menutupi badan jalan.

Ia juga menyampaikan jika Kamis 29 Februari, Pj Gubernur akan datang langsung melihat kondisi longsor di Bastem Utara ini sekaligus menyerahkan bantuan kepada keluarga terdampak bencana.

"Kami dari pihak Pemkab Luwu juga senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya pembukaan akses jalan agar dapat dilalui segera masyarakat. Tentunya kepada para korban baik yang meninggal dan masih dirawat akan diberikan bantuan tali asih. Tentunya besarannya akan disesuaikan dengan peraturan dan kemampuan daerah," ungkapnya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan duka mendalam kepada korban meninggal dunia akibat longsor di jalan Desa Bonglo Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Senin, 26 Februari 2024.

"Pertama atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi mengucapkan turut berduka cita pada saudara kita yang terdampak dari musibah longsor tersebut," kata Bahtiar Baharuddin, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 26 Februari 2024.

Ia mengatakan, upaya mencakup langkah-langkah tanggap darurat, koordinasi dengan instansi terkait, serta upaya rehabilitasi dan penanganan bencana, telah dilakukan.

"Saya melalui Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) mengambil langkah-langkah koordinasi. Tadi saya telepon langsung (Pj) Bupati Luwu, Pak Saleh kemudian Pj Wali Kota Palopo, sudah berada di lokasi tadi siang," ungkapnya.

Langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh tanah longsor, serta menjaga keselamatan masyarakat sekitar, juga dilakukan.
"Karena itu jalan akses terputus dan itu tadi Dinas PU, dan Dinas Sosial Provinsi. Memastikan dikerjakan supaya akses terputus ini segera bisa diatasi dan alat-alatnya yang terdekat dikerahkan," ujarnya.
Dalam situasi darurat ini, gubernur berperan penting dalam memastikan bantuan cepat tiba di lokasi terdampak dan menyelamatkan korban yang membutuhkan pertolongan.

"Jadi saya juga pantau terus. Saya juga meminta karena jalan akses terputus sementara. Kita harus memastikan sembako masyarakat jangan sampai terganggu disalurkan," imbuhnya.
Selanjutnya, ia meminta bupati, secara administratif untuk menetapkan kondisi tanggap darurat, agar dapat menggunakan fasilitas anggaran yang tersedia.(idr)

  • Bagikan