Pj Gubernur Peduli Bencana Longsor di Luwu

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana tana longsor kepada Pj Bupati Luwu Drs Muhammad Saleh, M.Si, Kamis (29/2/2024), usai melakukan penanaman pohon sukun di Desa Tiromanda. Foto lain, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin memberikan santunan kematian korban longsor Desa bonglo kepada Camat Bastem Utara. ANDRI/PALOPO POS

Gelontorkan Bantuan Ratusan Juta, Muhammad Saleh: Terima Kasih Pak Pj Gubernur!

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA -- Pj Gubernur Provinsi Sulsel Bahtiar Baharuddin memberi perhatian serius atas terjadinya bencana longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu.

Kamis (29/2) kemarin, orang nomor satu di Sulsel, didampingi Pj Bupati Luwu Muhammad Saleh tersebut membesuk korban longsor yang menjalani perawatan di RS At Medika Palopo.

Saat dirumah sakit Pj Gubernur Bahtiar menyerahkan santunan sebesar Rp5 juta kepada korban yang dirawat. Kemudian memerikan santunan kmatian bagi korban yang meninggal dunia bencana longsor Bonglo sebesar Rp15 juta diberikan kepada ahli waris korban di Mako Brimob Desa Tiromanda kecamatan Bua Kecamatan Bua.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan kami menyampaikan ucapan duka mendalam atas bencana longsor di Bonglo. Saya harapkan keluarga yang ditinggalkan tabah menajalani musibah ini.

Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja dalam melakukan penanganan bencana baik dari pemerintahan di Kabupaten Luwu dan Kota Palopo, jajaran TNI, Polri maupun tim gabungan Basarnas, pihak swasta dan masyarakat umum.

Saya kira ini menjadi contoh yang baik buat kita semua, bahwa kita senantiasa bergerak secara tim dengan tanggap, cepat dan sigap mengatasi bencana," ungkap Bahtiar.

Diketahui, Berdasarkan data BPBD Luwu, Rabu, 28 Februari 2024jumlah korban meninggal dunia sebanyak lima orang. Masing-masing Emelia (30), Miskawati (21), Mariana (57), Wanto (18), Ratang (50). Sedangkan korban luka yang dirawat di rumah sakit sebanyak 8 orang. Korban selamat 11 orang. Serta 14 kendaraan roda dua telah dievakuasi.

Tidak hanya memberikan santunan duka, Pj Gubernur Sulsel juga menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana alam tanah longsor kepada Pemerintah Kabupaten Luwu sebesar Rp 419 juta lebih, serta bantuan logisitik dan buffer stock penanganan bencana tanah longsor di Luwu dengan total sebesar Rp 220,6 juta lebih yang diterima langsung Pj Bupati Luwu Drs Muhammad Saleh usai melaksanakan kegiatan gerakan menanam sukun di Mako Brimob Polda Sulsel di Desa Tiromanda kecamatan Bua Kamis (29/2).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur Sulsel atas kepedulian terhadap bencana longsor di Desa Bonglo kecamatan Bastem Utara. Semoga bantuan dan santunan ini bisa bermanfaat dan meringankan keluarga korban," Kata Muhammad Saleh
Muhammad Saleh menambahkan, santunan kematian dan duka juga diberikan kepada keluarga korban bencana longsor Desa Bonglo Bastem Utara dari Pemkab Luwu yang masing-masing mendapat Rp 10 juta. Tidak hanya itu, korban meninggal dunia yang dijamin BPJS ketenagakerjaan diberikan santunan sebesar Rp42 juta, pula ada santunan dari Bank Sulselbar.

"Kita juga memberikan santunan kepada penyelenggara Pemilu KPPS yang meninggal dunia sebesar Rp10 juta yang diserahkan langsung kepada keluarga korban" Kata Muhammad Saleh seraya menambahkan pemberian santunan uang duka ini semata-mata sebagai bentuk kepedulian Pemkab Luwu untuk meringankan beban keluarga korban yang ditinggalkan.

Turut hadir dan menyaksikan Pj Guberur Sulsel dalam pemberian santunan bagi keluarga korban bencana longsor Desa Bonglo kecamatan Bastem Utara, Pj Bupati Luwu Muhammad Saleh, Sekda Luwu H Sulaiman, anggota DPRD Provinsi Sulsel Fadriaty Asmaun dan H Husmaruddin, serta unsur Forkopimda Luwu dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Luwu, tokoh masyarakat, masyarakat umum, termasuk mahasiswa dan pihak BPJS ketenagakerjaan Palopo, Bank Sulselbar. (and/idr)

  • Bagikan