Petahana Golkar-NasDem Terancam, PPP Berjaya Dua Kursi di Dapil Sulsel III

  • Bagikan
Ilustrasi rekap kpu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Persaingan duduk di DPRDSulsel untuk daerah pemilihan (Dapil) Sulsel III, makin ketat.

Ada sembilan Caleg DPRD Sulsel di dapil ini meraih suara tertinggi berdasarkan hitung cepat KPU versi 1 Maret 2024 atau 72.07 persen suara masuk.

Hasilnya, PPP menjadi partai pemenang dengan mengumpulkan 73.433 suara. Dengan begitu partai Kakbah ini berhasil mengamankan dua kursi.

Sementara itu, petahana Golkar Fahruddin Rangga dan petahana NasDem, Capt. Hariadi masih harap-harap cemas. Perolehan suara keduanya tidak jauh beda dengan pesaingnya di internal partai.

Perolehan suara sementara Capt. Hariadi berjumlah 12.068 suara. Dia sementara kalah dari rekannya di internal Golkar Wahyudin Mapparenta dengan 12.896 suara.

Sementara petahana Golkar, Fahruddin Rangga unggul tipis dari pesaingnya Lukman B Kady. Sementara Fahruddin Rangga meraih 19.366 suara, sedangkan Lukman B Kady 19.210 suara.

Diketahui, kursi pertama diraih politisi PPP, Rifail Ka'bah Faizal dengan 26.738 suara. Dia merupakan pendatang baru di DPRD Sulsel.

Kursi kedua diraih caleg Gerindra, Andi Tenri Indah dengan 38.197 suara. Andi Tenri Indah merupakan wajah baru di DPRD Sulsel. Dia menggantikan suaminya Darmawansyah Muin yang disebut bakal maju di Pilkada Gowa.

Kursi ketiga diraih caleg Golkar, Fahruddin Rangga dengan 19.366 suara. Dia merupakan petahana di DPRD Sulsel. Namun kursinya belum aman sebab dibayangi Lukman B Kady dengan selisih tidak sampai 100 suara.

Kursi keempat diisi caleg PAN, Husniah Talenrang dengan 29.138 suara. Husniah Talenrang merupakan wajah baru di DPRD Sulsel yang sebelumnya anggota DPRD Gowa. Dia juga disebut bakal maju di Pilkada Gowa.

Kursi kelima diisi Caleg PKB, Fadilah Fahriana yang meraih 19.419 suara. Dia merupakan wajah baru di DPRD Sulsel.

Kursi keenam diraih politisi NasDem, Wahyudin Mapparenta dengan 12.896 suara. Wahyudin untuk sementara berhasil mengalahkan petahana sebelumnya Capt. Hariadi yang meraih 12.068 suara.

Kursi ketujuh diraih caleg PDIP, Muh Anzar Zainal Bate dengan 14.894 suara. Dia merupakan petahana DPRD Sulsel. Anzar sebelumnya berada di Perindo.

Kursi kedelapan berhasil diamankan polisi PKS, Mallarangan dengan 5.882 suara. PKS berhasil meraih satu kursi setelah sebelumnya di pileg 2019 tidak mendapatkan kursi DPRD Sulsel dapil Sulsel 3.

Kemudian Kursi kesembilan atau kursi terakhir diraih kembali caleg PPP, Rafiuddin dengan 16.623 suara.

Perlu diketahui, bahwa data tersebut hanya bersifat sementara. Perolehan suara masih bisa berubah dan dinamis. Apalagi suara masuk baru 72.07 persen. (fjr/pp)

  • Bagikan