Bersatu Dorong Satu Figur Maju Pilgub Sulsel

  • Bagikan

Tana Luwu Punya Banyak Tokoh Potensial

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024 menjadi menjadi langkah strategis bagi orang Luwu Raya jika menginginkan adanya orang Tana Luwu menjadi seorang Gubernur atau Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Menghadapi perhelatan Pilgub Sulsel beberapa figur mulai mewacana.  Meski begitu, masyarakat khususnya Luwu Raya menyatukan persepsi terhadap siapa figur yang tepat ke depan.

Dosen Fakultas Hukum  Unanda Palopo, Dr Haedar Jidar mengungkapkan jika Pilgub Sulsel ke depan figur Luwu Raya sangat memiliki peluang potensi. Itu dapat dilihat dari beberapa perhelatan Pilgub sebelumnya, figur Luwu Raya selalu mengambil peran sebagai kontestan.

"Figur-figur kita Luwu Raya ini selalu menjadi maghnet dalam setiap kontestasi Pilgub. Sehingga, kita berharap figur Luwu Raya tetap ada dalam Pilgub ke depan," kata Haedar Jidar.

Namun demikian, untuk mewujudkan keinginan tersebut masyarakat Luwu Raya ini harus bersatu mengusung seorang figur. Sehingga, masyarakat tetap fokus kepada figur tersebut untuk dimenangkan. "Kalau dua figur dari Luwu Raya yang maju sepertinya sangat sulit untuk menang. Sudah ada pengalaman sebelumnya," katanya.

Menurut Haedar,  jumlah pemilih Luwu Raya terbilang sangat banyak yang nilainya kurang lebih satu juta.
"Jika, masyarakat Luwu Raya bersatu untuk mendukung figur dari Luwu, maka bukan tidak mungkin Pilgub Sulsel akan dimenangkan Calon dari Luwu Raya. Apakah dia sebagai 01 atau 02. Kuncinya, orang Luwu harus bersatu," kata Haedar.

Adanya beberapa figur di Luwu Raya yang mulai mewacana untuk Pilgub Sulsel, kata Haedar, bahwa momentum saat ini perlu dimanfaatkan dalam mensosialisasikan diri. "Nanti pada akhirnya kita bisa mempertimbangkan siapa yang akan direkomendasi masyarakat. Tentu ada beberapa parameter. Salah satunya adalah tingkat kekuatan survey," terang Haedar.

Figur Potensial
Wija To Luwu (WTL) sangat punya potensi mengusung tokoh daerah sendiri pada pemilihan Gubernur Sulsel 2024, mendatang. Apalagi jika ditambah dengan masyarakat Toraja, maka akan sangat bisa memimpin Sulsel lima tahun ke depan. Persatuan menjadi kunci kemenangan.

Ini juga menjadi jalan mulus bagi terbentuknya Provinsi Tana Luwu ke depan.
Lalu, siapa saja figur-figur tokoh daerah Tana Luwu dan Toraja yang punya kans maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024?

Dari rangkuman sejumlah sumber, Palopo Pos merangkum beberapa nama tokoh WTL dan Toraja. Dimulai dari nama besar Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq MH.

Sosok purnawirawan jenderal TNI bintang dua ini sudah dikenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Dengan pelbagai prestasi militer yang ia torehkan.
Saat dinas, pernah menjabat sebagai PA Ahli Kasad Tk. III Bidang Sosbud, Hankam dan Narkoba di Mabes TNI Angkatan Darat, kemudian sekarang wakil komandan pusat teritorial TNI AD.

Mayjen Marga Taufik juga pernah Dandim 1403 Sawerigading, asisten teritorial kodam Wirabuana dan komandan Korem Palu, serta komandan Kodim kota besar Makassar. Kemudian pernah jadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura.

Bahkan, meski sudah pensiun dari dinas militer, tetapi Mayjen (P) Marga Taufiq masih dipercaya pemerintah sebagai salah satu tenaga ahli Kementerian Pertahanan RI. Ia masih dipercaya membantu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selanjutnya ada nama, Bupati Luwu Utara dua periode, Hj Indah Putri Indriani atau yang akrab dikenal dengan tagline IDP.
Karir politiknya cukup cemerlang di Sulsel. Selain menjabat bupati, IDP kini juga dipercaya menjabat Ketua Golkar Luwu Utara.

Dimana sebelum menjabat bupati, IDP juga pernah menjabat Wakil Bupati Lutra dan tenag ahli di DPR RI.
Jaringannya luas, ditambah dengan kehadiran suami Muhammad Fauzi sebagai Anggota DPR RI di Senayan, membuat jaringan ke pusat makin terbuka lebar.

Di beberapa media regional Sulsel bahkan memasukkan nama IDP sebagai salah satu figur potensial yang dilirik maju Pilgub Sulsel 2024.
Lalu, ada nama Dr Ilham Arief Sirajuddin, yang juga memiliki darah WTL dan Toraja, apalagi beristrikan WTL, Hj Aliyah Mustika.

Selanjutnya ada nama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya (BPP KKLR), H. Arsyad Kasmar.
Sepak terjangnya sudah menasional. Memiliki jaringan usaha nasional, utamanya dalam hal pertambangan, ditandai akan membangun smelter di Sultra tahun ini.

Juga ada nama mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma, mantan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar, dan Bupati Luwu dua periode Dr H Basmin Mattayang.

Lalu ada Azis Kahar Muzakkar dan Andi Mudzakkar. Nama lainnya adalah Prof Dr Mansyur Ramly. (rul/idr)

Figur WTL Potensi Maju Pilgub Sulsel 2024

Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq MH
Bupati Luwu Utara dua periode, Hj Indah Putri Indriani (IDP)
Politisi senior Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin
Ketua Umum BPP KKLR, H. Arsyad Kasmar
Mantan Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma
Mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar
Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang

  • Bagikan