Pj Wali Kota Palopo Tarawih Pertama di Masjid Agung

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BATUPASI-- Hari ini tarawih bulan suci ramadan, umat muslim seluruh dunia mulai melaksanakan puasa Ramadan, yang didahului semalam dengan mengerjakan Salat Tarawih. Masjid-masjid pun penuh dan ramai oleh saf jemaah.

Di Palopo, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menunaikan tarawih pertama ramadan, Senin, 11 Maret 2024 malam di Masjid Agung Palopo.

Tampak hadir Sekkot Palopo Firmanza DP, Asisten I Pemkot Ruslan, Kabag Kesra Lukman, dan pejabat Pemkot lainnya.

Dalam sambutannya di hadapan jemaah Masjid Agung, Pj Wali Kota mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.

Ia mengharapkan momentum Ramadan ini sebagai wujud meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Marhaban Ya Ramadan, puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga kesempatan membersihkan hati dan jiwa. Saya Asrul Sani penjabat Wali Kota Palopo mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1445 Hijriah. Mari kita jadikan bulan suci Ramadan sebagai momentum memperkuat keimanan dan ketakwaan, dan semoga segala amal ibadah yang kita lakukan dapat diterima di sisi Allah SWT," katanya.

Dari pantauan Palopo Pos di sejumlah masjid besar di Kota Palopo, seperti di Masjid Jami' Tua, nampak jemaah bahkan membludak hingga membuat saf di badan jalan sebelah Timur dan Selatan masjid.
Mengantisipasi membludaknya jemaah, arus lalulintas untuk ke arah Masjid Jami Tua pun dialihkan belok ke Jl. Pattimura.

Beberapa petugas Satlantas Polres Palopo bersama Dishub Kota Palopo ikut membantu pengalihan arus lalin, dengan memberikan penghalang jalan.

Pada malam pertama Salat Tarawih, sejumlah Masjid nampak masih belum diisi ceramah Tarawih.
Di masjid Jami Tua, panitia hanya membacakan sejumlah imbauan bagi jemaah yang ingin Salat Tarawih di Masjid Jami Tua, khususnya yang di luar areal masjid (jalanan).

Fajrin, salah seorang jemaah yang ikut Tarawih di Masjid Jami Tua mengungkapkan, dirinya memilih shalat tarawih di Masjid Jami Palopo karena masjid tersebut memiliki nilai sejarah.

Memang pada setiap Ramadan, Masjid Jami' Tua ini menjadi salah satu masjid favorit jemaah untuk menjalankan Salat Tarawih, lantaran masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Sulawesi yang dibangun 1604 Masehi, yang dibangun menggunakan batu kapur yang direkatkan dengan campuran putih telur.

Di Masjid Agung, nampak jemaah bahkan membuat saf hingga ke areal miniatur ka'bah di bagian Timur masjid Agung. (idr-ikh)

  • Bagikan