Menparekraf Sandiaga Apresiasi Fruits Fiesta Kambo 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Festival Fruits Fiesta Kambo 2024 memukau selama gelarannya sejak, Jumat-Sabtu 8-9 Maret 2024, pekan lalu. Ribuan orang datang berkunjung melihat pesta buah ini.

Kesuksesan event tersebut bahkan mendapat pujian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.
Melalui video singkat yang beredar, Menparekraf Sandiaga mengpresiasi kegiatan Fruits Fiesta, yang digelar di Kota Palopo.

"Kami sangat mendukung festival buah yang menjadi event kebanggaan Kota Palopo," ungkap Menteri Kemenparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dari video yang beredar.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno juga pernah mengunjungi Desa Wisata Kambo 12 Oktober 2022, lalu.
Kunjungannya ini menandakan Desa Kambo berhasil menembus 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.

Sandiaga Uno menilai produk-produk ekonomi kreatif di Palopo khususnya di Desa Wisata Kambo termasuk unggulan. Dia juga memuji makanan ongol-ongol yang merupakan khas Desa Kambo.

"Saya melihat-melihat produk-produk ekonomi kreatif di sini sangat unggul, terutama tadi saya ditantang membuat Sarabba dan juga ongol-ongol khas makanan di sini (Kambo)," bebernya.

Sandiaga Uno mengaku terpesona dengan pemandangan yang ada di kawasan destinasi wisata Desa Kambo. Menurutnya Desa Kambo menyajikan sebuah pemandangan yang indah di wilayah pegunungan.

"Kesannya saya pertama pemandangan yang sangat indah, pemandangan ini juga menjadi daya tarik yang bisa dikemas dalam konsep Sunrise terutama kalau malam karena ada lampu-lampu pemandangan Kota (Palopo)," tandasnya.

Sebelumnya, pada saat pembukaan Pj (Pejabat) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang betul-betul melibatkan masyarakat Kota Palopo secara keseluruhan.

"Ini adalah pesta rakyat. Kegiatan ini kita rancang untuk melibatkan seluruh masyarakat Kota Palopo dan masyarakat Kambo secara khusus," ujar Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani.

Asrul Sani, mengungkapkan, bahwa festival ini merupakan bagian dari ungkapan atau wujud rasa syukur petani, atas buah yang melimpah tahun ini.
"Tentu, ini adalah wujud ungkapan rasa syukur petani atas melimpahnya buah tahun ini," ungkapnya.

Acara dibuka langsung Pj Gubernur Sulsel diwakili Staf Ahli Gubernur, Hasan Sijaya, dihadiri Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Mr. Ohashi Koichi, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Prov.

Sulsel, Dandim 1403 Palopo, Perwakilan Polres Palopo, Dirut PAM TM Palopo, Ketua Pengadilan Palopo, Ketua Pengadilan Agama Palopo, Kejari Palopo, Sekkot Palopo H. Firmanza DP, Kadis Pariwisata dan Ekraf Palopo, Ade Chandra, sejumlah kepala dinas Pemkot Palopo, masyarakat Kota Palopo, dan siswa SDN 27 Lebang yang tampil membawakan musik angkulungnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Kota Palopo yang ke-22 sekaligus sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil panen buah petani di Kota Palopo yang melimpah.(idr)

  • Bagikan