Liga Champions: Atletico Menang Atas Inter Lewat Adu Penalti, Berikut Tim yang Lolos ke Babak Perempatfinal

  • Bagikan

Nampak selebrasi yang dilakukan Antoine Griezmann dkk. dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions antara Atletico Madrid vs Inter Milan, Kamis (14/3/2024). --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MADRID-- Luar biasa penampilan Atletico Madrid. Pada babak 16 besar, Atletico Madrid berhasil mengungguli tamunya 2-1 atas Inter Milan saat 90 menit tuntas. Agregat imbang 2-2 hingga pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Duel penuh gengsi dan tensi tenggi itu, berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Kamis 14 Maret 2024 dini hari Wita. Si Ular unggul agregat 1-0 berkat kemenangan di leg pertama.

Inter sebenarnya sudah di atas angin saat unggul di menit ke-33 berkat gol Nicolo Barella. Namun dua menit berselang, Atletico bisa menyamakan kedudukan dari Antoine Griezmann.

Pada menit akhir babak kedua, Memphis Depay bikin gol di menit ke-87. Golnya membuat agregat sama kuat 2-2. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid, yang berusaha mengejar ketinggalan agregat tampil menekan. Mereka langsung mengancam dari sundulan Stefan Savic memanfaatkan tendangan bebas. Namun, bola bisa diredam Yann Sommer.

Sommer kembali beraksi. Kali ini, ia bisa membendung tembakan dari Samuel Lino.

Tidak mau kalah, Inter pun mencoba merespon dari tembakan Denzel Dumfries. Jan Oblak masih tampil prima menepis bola.

Pada menit ke-27, Alvaro Morata bisa menyambut umpan silang dari sisi kiri. Sommer di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Nerazzurri bisa mencuri gol lebih dulu di menit ke-33. Umpan tarik Nicolo Barella dari sisi bisa disambar Federico Dimarco menjadi gol.

Atletico hanya butuh dua menit untuk membalas gol ini. Sapuan Benjamin Pavard yang tak sempurna justru bikin bola mengarah ke Antoine Griezmann di depan gawang.

Griezmann dengan tenang menaklukan Sommer. Skor berubah 1-1 di menit ke-35.

Marcos Llorente punya peluang membawa Atletico berbalik memimpi. Pavard menyelamatkan Inter dari kebobolan dengan bisa memblok bola di depan gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama tuntas. Inter masih unggul agregat 2-1.

Atletico hampir saja unggul di awal babak kedua. Griezmann menemukan ruang untuk menyambar umpan tarik Llorente di kotak penalti. Sommer tapi tampil gemilang dengan bisa menepis bola.

Pada partai ini, Atletico mendominasi laga memburu gol untuk menyamakan agregat. Hanya saja, mereka kesulitan menembus lini belakang Inter yang tampil disiplin.

La Beneamata justru hampir saja mencuri gol lewat serangan balik cepat. Namun, tembakan Marcus Thuram masih melambung.

Memphis Depay punya peluang emas di menit ke-84. Gol urung juga terjadi untuk Atletico karena sepakan Depay masih menerpa tiang.

Namun, usahanya berbuah manis. Yah, tepatnya pada menit ke-87, Depay akhirnya bisa mencetak gol. Gol ini berawal saat ia menerima umpan Koke, ia melepas sepakan mendatar yang tak terbendung Sommer.

Atletico bisa saja balik memimpin secara agregat. Andai saja tembakan Rodrigo Riquelme di depan gawang pada menit akhir tak melambung.

Skor 2-1 untuk keunggulan Atletico menutup 90 menit. Duel ke perpanjangan waktu.

Extra Time dan Adu Penalti

Stamina yang mulai menurun membuat Atletico dan Inter tak bisa menampilkan performa terbaik mereka di masa extra time. Tak ada gol yang tercipta di sepanjang 2x15 menit babak tambahan.

Pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat drama adu penalti. Pada babak ini, Jan Oblak menunjukkan performa impresif dengan menggagalkan eksekusi penalti Alexis Sanchez dan Davy Klaassen.

Kepastian Atletico menang ditentukan oleh melambungnya tendangan penalti kapten Inter, Lautaro Martinez. Atletico pun menang adu penalti dengan skor 3-2. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Atletico Madrid: Jan Oblak; Stefan Savic, Axel Witsel, Mario Hermoso; Nahuel Molina (Pablo Barrios 79'), Marcos Llorente (Cesar Azpilicueta 98'), Koke, Rodrigo De Paul (Angel Correa 71'), Samuel Lino (Rodrigo Riquelme 71'); Antoine Griezmann (Saul Niguez 106'), Alvaro Morata (Memphis Depay 79').

Pelatih: Diego Simeone.

Inter Milan: Yann Sommer; Benjamin Pavard, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni (Francesco Acerbi 73'); Denzel Dumfries (Matteo Darmian 73'), Nicolo Barella (Davide Frattesi 84'), Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan (Davy Klaassen 111'), Federico Dimarco (Yann Bisseck 84'); Marcus Thuram (Alexis Sanchez 103'), Lautaro Martinez.

Pelatih: Simone Inzaghi.

Daftar Tim yang Lolos ke Perempat Final:

  • PSG
  • Bayern Munchen
  • Manchester City
  • Real Madrid
  • Barcelona
  • Arsenal
  • Borussia Dortmund
  • Atletico Madrid

Hasil Leg Kedua 16 Besar Liga Champions

Rabu, 6 Maret 2024

03.00 WIB - Real Sociedad 1-2 PSG (Merino 89', Mbappe 15', 56') Agg. 1-4
03.00 WIB - Bayern Munchen 3-0 Lazio (Kane 38', 66', Muller 45+2') Agg. 3-1

Kamis, 7 Maret 2024

03.00 WIB - Manchester City 3-1 Copenhagen (Akanji 5', Alvarez 9', Haaland 45+3'; Elyounoussi 29') Agg. 6-2
03.00 WIB - Real Madrid 1-1 RB Leipzig (Vinicius 65'; Orban 68') Agg. 2-1

Rabu, 13 Maret 2024

03.00 WIB - Arsenal 1-0 Porto (Trossard 41') Agg. 1-1 (4-2 pen.)
03.00 WIB - Barcelona vs Napoli (Lopez 15', Cancelo 17', Lewandowski 83'; Rrahmani 30') Agg. 4-2

Kamis, 14 Maret 2024

03.00 WIB - Atletico Madrid 2-1 Inter Milan (Griezmann 35', Depay 87'; Dimarco 33') Agg. 2-2 (3-2 pen.)
03.00 WIB - Borussia Dortmund 2-0 PSV (Sancho 3', Reus 90+5') Agg. 3-1

  • Bagikan