Erling Haaland Jadi Rebutan Madrid dan Barcelona

  • Bagikan
Erling Haaland/UEFA.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MADRID-- Striker haus gol milik Manchester City kini menjadi lirikan klub kaya asal Spanyo Real Madrid dan Barcelona.

Yah, dua raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona itu, kini sedang menggoda superstar tersebut. Musuh bebuyutan itu dilaporkan siap mengontrak Haaland musim panas tahun depan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Real Madrid tertarik mendatangkan megabintang Norwegia ini. Presiden klub Florentino Perez memiliki ide besar untuk menduetkan Haaland dengan penyerang PSG Kylian Mbappe, yang diperkirakan akan tiba di Bernabeu musim panas ini.

Ada pertimbangan Madrid untuk mengontrak Haaland musim panas ini. Akan tetapi langkah tersebut tampaknya ditunda hingga tahun depan, karena selain Mbappe, Madrid juga mengincar pemain lain seperti Alphonso Davies dan Leny Yoro.

Tapi Madrid harus siap bersaing dengan Barcelona. Menurut Mundo Deportivo, Barcelona juga siap bergerak membujuk Haaland untuk datang ke Camp Nou pada tahun 2025.

Raksasa Catalan sebenarnya masih mengalami krisis ekonomi. Namun, mereka yakin bahwa situasi keuangan klub sudah akan membaik tahun depan dan karena itu siap mengejar target impiannya.

Dikutip dari Madrid Universal, ide di balik ketertarikan Barcelona pada Haaland selain mengambil alih posisi Robert Lewandowski, juga “melawan” penandatanganan besar Kylian Mbappe di Real Madrid.

David Bernabeu Reverter dari Diario Sport membenarkan ketertarikan Barca. Namun, ia menyebut Presiden Barca, Joan Laporta ingin mengontrak Haaland pada jendela transfer musim panas 2026.

Laporta percaya bahwa pada saat itu, Barcelona dapat mewujudkan transfer seperti itu secara finansial. Selain itu, ia tahu akan dipilih kembali dan menginginkan penandatanganan besar untuk meningkatkan statusnya sendiri dalam pencalonan presiden Barca.

Laporta memiliki hubungan baik dengan agen Haaland, Rafaela Pimenta. Begitu juga dengan perwakilannya yang lain, Maxwell, yang merupakan mantan pemain Catalan.

Makanya, mereka yakin memiliki peluang bagus untuk mendapatkan Haaland dari Manchester City tahun depan. Terutama karena City menghadapi tuntutan atas pelanggaran FFP.

Menurut Mundo Deportivo, Barca sudah pernah sangat dekat dengan Haaland 2022 silam. Saat itu, Haaland sudah setuju pindah ke Camp Nou dan klausul pelepasannya relatif rendah yaitu €60 juta).

Namun, ternyata Barca yang saat itu kekurangan uang tidak mampu memenuhi angka yang ditetapkan Borussia Dortmund. Alhasil, Haaland terbang ke Manchester City.

Sumbangsih Haaland di City sangat besar dan klub Premier League itu tidak akan melepas superstar mereka begitu saja. Tapi dengan kontrak Haaland berisi klausul pelepasan khusus yang dapat dipicu di bawah $108 juta oleh klub-klub di luar Inggris menurut AS, peluangnya ke La Liga sangat terbuka. (fjr/pp)

  • Bagikan