Layanan Perbankan Libur Mulai 8 April, Kembali Buka 16 April

  • Bagikan
Suasana penukaran uang di Bank BRI. --fjr--
  • Pelayanan Terbatas masih Tetap Dilayani

PALOPO -- Bank Indonesia (BI) mengumumkan penyesuaian kegiatan operasional selama libur lebaran 2024. Ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan mulai Senin-Jumat, 8-12 April dan Senin, 15 April 2024 Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) tidak beroperasi.

​"Kegiatan operasional Bank Indonesia akan kembali ke jadwal normal seluruhnya pada Selasa, 16 April 2024," kata Erwin dalam keterangan resmi, ditulis Jumat (29/3).

"Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank," imbuhnya.

Tak hanya itu, sistem BI-RTGS hingga BI-ETP yang libur, melainkan pada waktu yang sama juga dipastikan seluruh layanan penyelenggaraan SKNBI juga tidak beroperasi. Seluruh warkat debit di Zona 4 yang telah diserahkan pada tanggal 5 April 2024 (H-1) akan diselesaikan setelmennya pada tanggal 16 April 2024.

Kemudian, pada waktu yang sama, yakni Senin-Jumat, 8-12 April 2024 dan ​Senin, 15 April 2024 seluruh kegiatan layanan kas, transaksi operasi moneter Rupiah, operasi moneter valas hingga penyampaian kuotasi JIBOR oleh bank kontributor ditiadakan.
Meski begitu, BI memastikan bahwa layanan Bank Indonesia Fast Payment (BI-FAST) tetap beroperasi penuh.​ selama libur Lebaran 2024.

Di Palopo, sejumlah perbankan juga telah menetapkan waktu libur pelayanan. Seperti disampaikan Branc Manager BNI Palopo, Sudirman. Kepada Palopo Pos, ia menjelaskan untuk operasional pelayanan di kantor-kantor kas mulai libur 8 April dan buka kembali 16 April mendatang. Namun, pihaknya tetap membuka operasional layanan khusus, dengan jam layanan pukul 09.00 hingga 12.00 waktu setempat.

"Mulai libur tanggal 8 sampai dengan 15 April 2024. Namun kami membuka layanan operasional terbatas pada tanggal 8, 9, 12 dan 15 April 2024," jelasnya.
Meskipun libur pihaknya tetap menyiapkan sejumlah ATM BNI di sejumlah titik yang dapat digunakan nasabah untuk transaksi penarikan, transfer, dan penyetoran tunai. Selain itu, BNI juga menyediakan akses kemudahan transaksi melalui BNI Mobile Banking, Internet/SMS Banking, BNI Direct (untuk nasabah non perorangan), QRIS, dan Kartu Debit.

Customer Experience Center (CX-Center) BNI juga telah mempersiapkan layanan yang beroperasi 24 jam untuk melayani nasabah selama libur panjang dengan jumlah pegawai yang bertugas lebih dari 250 orang per hari, sehingga Voice of Customer dapat dilayani dari berbagai Channel. (idr)

  • Bagikan