Pastikan Listrik Aman, PLN UP3 Palopo Apel Siaga Kelistrikan Lebaran 2024

  • Bagikan
Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami foto bersama petugas PLN pada Apel Siaga Kelistrikan Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024). IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Serta Pengecekan Personel dan Peralatan yang Digunakan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- PT PLN UP3 Palopo ikut dalam Apel Siaga Kelistrikan Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024) yang dipusatkan di PLTGU Gresik. Apel berlangsung via zoom dihadiri langsung Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo. Kegiatan apel siaga lebaran PLN UP3 Palopo berlangsung di halaman kantor Jl. Andi Kambo.


Pada kesempatan itu Darmawan mengecek seluruh peralatan yang ada ditempat tersebut. Selain itu menetapkan pertumbuhan beban listrik dimasa depan.


"Dengan kesiapan ini kita berharap bahwa sistem kelistrikan di Jawa Madura Bali jauh lebih andal lagi. Kami juga mengecek juga dari ketersediaan dari energi primer dari batu bara dari gas dari BBM. Harapannya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Darmawan Prasodjo kepada wartawan.


Dikatakan gelar apel siaga yang dilakukan adalah untuk memastikan pasokan listrik dalam menghadapi lebaran 1445 hijriah aman.


"Satu hal adalah mengapa kami melakukan apel siaga ini kami ingin memastikan bahwa pasokan listrik dalam menghadapi lebaran 1445 hijriah bisa aman," ujarnya.


Dia juga menambahkan, terkait dengan arus mudik dalam rangka memberikan pelayanan terhadap para pemudik yang menggunakan kendaraan atau mobil listrik dapat berjalan aman, kini disemua rest area sudah terdapat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Selain itu PLN menyiagakan 2.700 posko dengan 81.000 petugas.


saat ini seluruh infrastruktur kelistrikan dalam posisi yang. Ia merinci, beban puncak pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H diperkirakan sebesar 32.749 megawatt (MW). Daya mampu pasok sebesar 51.350 ribu MW.
"Artinya, masih ada cadangan 18.602 MW dan kondisi kelistrikan sangat aman. Seluruh pembangkit, jaringan transmisi dan distribusi pada kondisi terbaik dan prima,” tambah Darmawan.


Sementara itu, Manager PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami juga memimpin Apel Siaga Kelistrikan Lebaran 2024 di wilayah PLN UP3 Palopo yang membawahi Luwu Raya dan Toraja.


Usai apel, dilanjutkan dengan pengecekan personel lapangan serta peralatan yang digunakan jika ada laporan yang masuk.


Dijelas Rathy, kesiapan PLN UP3 Palopo untuk siaga pengamanan kelistrikan Idul Fitri dan kondisi kelistrikan UP3 Palopo dalam kondisi aman. Kecukupan daya 293 MW, dengan beban puncak 119 MW (40,6%) dan cadangan daya 174 MW (59,4%).


PLN UP3 Palopo juga menyiapkan Posko siaga 8 posko, dengan total personil 283 petugas dan PDKB 11 orang. Peralatan pendukung: genset 19 unit, UPS 9 unit, uGB 9 unit, crane 1 unit dan mobil unit 35 unit, serta lokasi prioritas yang diamankan yaitu 10 masjid dan 1 Lapangan.


Terakhir, pesan PLN UP3 Palopo untuk pelanggan PLN yang melakukan perjalanan mudik, menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati saat hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.
"Sebelum berangkat mudik, pastikan segala sesuatunya sudah dalam kondisi aman agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ujar Rathy.


“Bagi yang akan melaksanakan mudik, kami ingin mengucapkan selamat mudik, tetap berhati-hati, jaga kondisi kesehatan dan semoga selamat sampai tujuan,” ucap Rathy.(idr)

  • Bagikan