Pemkot Siapkan 168 Lokasi Salat Idulfitri

  • Bagikan
Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji M.Ag

Pj Wali Kota di Masjid Agung, Khatibnya Rektor IAIN Dr Abbas Langaji

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Rabu lusa, 10 April 2024, hampir pasti sebagian besar umat muslim dunia berlebaran Idulfitri 1445H. Jika PP Muhammadiyah telah menetapkan lebaran jatuh 10 April, Pemerintah (Kemenag) baru akan menetapkan dalam sidang isbat Selasa 9 April besok.

Lalu dimana saja titik salat Idulfitri akan dilaksanakan? Khusus di Kota Palopo, Pemkot dalam hal ini Bagian Kesra telah menentukan sebanyak 168 lokasi Salat Id di sembilan kecamatan di Kota Palopo.
Dikatakan Kabag Kesra Kota Palopo, Ustaz Lukman, Ahad 7 April 2024, kemarin, pihaknya sudah membuat jadwal lokasi Salat Idulfitri sebanyak 168 titik.

Nantinya Pj Wali kota Palopo, Asrul Sani dan Ibu Ketua Pj PKK Palopo akan Salat id di Masjid Agung Palopo. Di Masjid Agung Palopo yang akan bertindak sebagai khatib adalah Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji M.Ag.
Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji yang dihubungi juga telah membenarkan jika dirinya diminta untuk menjadi khatib Salat Idulfitri di Masjid Agung Palopo nanti.

"Iya surat permohonan menjadi khatib sudah saya terima dari Pemkot Palopo dan pengurus Masjid Agung. Insya Allah siap," ucapnya singkat.

Jika Pj Wali Kota di Masjid Agung Palopo, untuk Sekkot Palopo H. Firmanza DP akan Salat id di Masjid Hidayatul Ikhlas Polres Palopo. Lalu Staf Ahli Wali Kota Bagian Kesra di Masjid Baitul Arqam Balandai, Asisten I di Masjid Al Jihad Temmelebba, Asisten II di Masjid An-Nasr depan Lapangan Futsal Sinar Setuju Takkalala, Asisten 3 Masjid Al Fatha Dangerako, di Lapangan Pancasila dihadiri Kepala Bapenda, Dirut PAM TM di Masjid Nurul Huda Lagaligo, Sekretaris DPRD Palopo Ns Taufiq di Masjid Islamic Center Takkalala, dan masih banyak lagi pejabat Pemkot Palopo yang disebar ke sejumlah masjid untuk nantinya membacakan sambutan serentak Pj Wali Kota menyambut Hari Raya Idulfitri 1445H.

Pengamanan
Polres Palopo sendiri dalam mengamankan lebaran di Palopo telah menggelar apel gabungan pasukan operasi ketupat 2024. Apel pasukan yang berlangsung di depan Mako Polres Palopo pagi tadi itu, diikuti personil TNI/POLRI, Dinas Perhubungan, Tenaga Kesehatan, Saka Bhayangkara, Senkom, dan PMI, Rabu, 3 April 2024.

Apel pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin, dan dihadiri Pj. Walikota Palopo, Asrul Sani, Dandim 1403/Palopo Letkol Arm. Kabit Bintoro Priyambodo, dan para PJU Polres Palopo.

Dalam sambutannya, Kapolres Palopo mengatakan jika kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan pengamanan mudik 2023 mengalami kenaikan.
"Berdasarkan survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan pengamanan mudik 2023 mengalami peningkatan hingga 15,7 persen di bandingkan tahun 2022. Hal ini tentu menjadi harapan agar tahun ini pelaksanaan mudik bisa lebih baik lagi, dimana tetap mengedepankan kenyamanan masyarakat saat melakukan perjalanan jauh dengan menyediakan pos kesehatan dan keamanan hingga rest area untuk beristirahat,"ucap Safi'i.

Selanjutnya disampaikan pula bagi warga yang ingin mudik, agar berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan. Lantaran diprediksi di 2024, warga yang melakukan mudik akan mengalami lonjakan tinggi.
Untuk pengamanan mudik lebaran 2024 kali ini, sebanyak 176 orang tim gabungan dilibatkan dan akan dibagi ke 5 pos yang dibangun di lima titik lokasi berbeda.

"Personil yang dilibatkan diantaranya 80 personil jajaran Polres Palopo, 16 orang personil TNI, Dishub 16 orang, Sama Bhayangkara 16 orang, Senkom 16 orang dan PMI 16 orang. Nanti tim gabungan ini akan berjaga di lima pos yang didirikan, lima pos tersebut diantaranya Pos Pelayanan di Islamic center, Pos PAM di Lagota (PNP), Pos PAM di Hypertmart, Pos pelayanan di wilayah Kecamatan Telluwanua dan terakhir satu pos di bangun di KM 10 Battang, wilayah pegunungan untuk memantau kondisi jalur Palopo- Toraja," kata Safi'i. (idr)

  • Bagikan