Bupati Luwu Timur Apresiasi Refinery Pabrik Sawit PT IASI di Angkona, Produksi Migor 2 Ribu Kg Per Hari

  • Bagikan

NAMPAK Bupati Luwu Timur, Budiman melihat progres refinery minyak goreng PT Inti Aset Sulawesi Indonesia (PT IASI) di Desa Watangpanua, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Senin 15 April 2024. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI-- Bupati Luwu Timur, Budiman melihat progres refinery minyak goreng PT Inti Aset Sulawesi Indonesia (PT IASI) di Desa Watangpanua, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Senin 15 April 2024.

Refinery adalah tahap pemurnian minyak, yang memungkinkan pemisahan CPO dari berbagai kotoran dan kandungan lain yang tidak diinginkan.

Saat ini, pabrik dalam rangka pra komisioning mesin atau tahap persiapan sebelum mesin secara resmi dijalankan dan diuji.

PT IASI sudah beroperasi dari Desember 2021 untuk jual beli buah sawit. Sementara untuk refinery minyak goreng dimulai 2022, proses pembangun dan perakitan mesin sampai sekarang.

Buah sawit yang diolah PT IASI berasal dari kebun petani lokal Luwu Timur. Adapun minyak goreng (Migor) yang diproduksi rata-rata sekitar 2.000 kilogram per hari dan per bulan sekitar 50.000 kilogram.

Pihak PT IASI mengklaim harga minyak goreng yang mereka dipasarkan lebih terngkau dari minyak goreng yang hari ini beredar dipasaran.

Budiman mengaku sangat bangga dengan pengusaha muda lokal Luwu Timur yang mau berinvestasi di daerah sendiri dengan konsep hilirisasi industri.

“Saya berharap, perusahaan lokal yang bergerak pada industri hilirisasi refenery minyak goreng, kedepannya, minyak goreng dapat lebih terjangkau.
Serta dapat tersedia terkhusus di Luwu Timur dan dapat menjangkau pasar seluruh Luwu Raya bahkan Sulawesi Selatan,” kata Budiman.

Budiman menegaskan pemerintah daerah sangat mendukung dan segera membantu percepatan agar industri dapat launching dalam waktu dekat ini.

Owner PT IASI, Muh Rosyidik mengapresiasi dukungan dari Bupati dan pemerintah untuk kemudahan investasi.

“Terimakasih kepada pemerintah Luwu Timur terkhusus Bupati Luwu Timur atas supportnya, telah memberikan kemudahan dalam proses peizinan, terutama juga support pemerintah dalam mempromosikan produk lokal,” ujar Muh Rosyidik.

Dalam kunjungan tersebut, Budiman yang didampingi Kepala Dinas Perdagangan Luwu Timur, Senfry Oktavianus, Kepala Dinas PUPR Luwu Timur, Sahmuddin dan Camat Angkona, I Ketut Riawan Budiarta. (asrul syafruddin)

  • Bagikan