113 Calon Paskibraka Terelimisasi

  • Bagikan
Nampak calon anggota Paskibra Luwu yang mengikuti tahapan seleski baris berbaris, Selasa (16/4) lalu. --ft: andrie/palopopos--

Pemkab Alokasikan Anggaran Rp 600 Juta

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Badan Kesbangpol Kabupaten Luwu beberapa waktu lalu sejak akhir Februri lalu telah membuka seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Luwu untuk tahun 2024.

Hingga saat ini seleksi sudah memasuki tahapan seleksi ke-4 baris berbaris. Kemudian akan dilanjutkan seleksi kesamaptaan, dan seleksi kepribadian. Dari 258 pendaftar, 113 orang terelimisasi Masih 145 orang yang bertahan untuk diseleksi lagi menjadi 71 plus 4 orang.

Kepala Kesbangpol Luwu, H Kamal SPd MM kepada Harian Palopo Pos, Selasa (16/4) lalu, mengungkapkan dalam rangka tugas pengibaran bendera merah putih, Pemkab Luwu akan merekrut sebanyak 71 orang calon anggota Paskibraka kabupaten dan 4 orang calon Paskibraka yang kan menjadi duta kabupaten Luwu di tingkat Provinsi Sulsel.

"Saat ini tahapanmya sudah memasuki seleksi baris berbaris dimana sudah tersisa 145 orang dari utusan SLTA sederajat Kabupaten Luwu. Ditahap ini akan ada yang gugur untuk kemudian mengikuti seleksi Kesamaptaan dan tes kepribadian," ungkap Kamal.

Kamal mengatakan, seleksi Paskibraka yang dilakukan secara berjenjang sesuai arahan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) ini diawali dengan pendaftaran online mengikuti tes tertulis wawasan kebangsaan. Dimana peserta yang terjaring saat ini sebanyak 258 orang perwakilan siswa SLTA dengan batas usia maksimal yaitu 17 tahun dengan tinggi badan untuk laki-laki minimal 165 Cm dan perempuan 160 Cm.

"Setelah lolos dari tes seleksi tertulis secara online, dilajutkan tes kesehatan, kemudian tes parade, dan saat ini seleksi PBB, dilanjutkan kesamaptaan dan selanjutnya tes kepribadian. Rata-rata siswa SLTA sederajat yang ikut adalah siswa kelas X," kata Kamal.

Seleksi Paskibraka Luwu tahun 2024 ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi dengan sistem gugur, yang lulus akan mengikuti seleksi selanjutnya dengan nilai yang nanti akan diakumulasi pada penentuan tahap akhir (Pantukhir).

"Untuk tahun ini seleksi Paskibraka Luwu dilakukan oleh jajaran TNI dikomandoi Danramil Belopa. Terkait perekrutan calon anggota Paskibraka Luwu tahun ini Pemkab Luwu mengalokasikan anggaran Rp600 juta," tandas Kamal seraya mengatkan jika tidak ada melintang mulai awal Mei mendatang peserta yang lolos sudah di karantina untuk mengikuti latihan terpusat di Belopa. (and/ikh)

  • Bagikan