Putra Mantan Bupati Luwu Budi Kamrul Dibidik Bacawagub Sulsel 2024, Figur Muda dari Jazirah Utara Sulsel

  • Bagikan

Budi Kamrul Kasim, SH. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Figur dari Tana Luwu selalu menjadi faktor penentu Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Salah satu tokoh Luwu Raya yang terwacana kuat dan dibidik menjadi Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Sulsel 2024 adalah Budi Kamrul Kasim, SH, putra mendiang mantan Bupati Luwu 1999-2004 Alm. DR H Kamrul Kasim.

Siapa tidak kenal dengan mantan Bupati Luwu DR H Kamrul Kasim? Seluruh masyarakat Tana Luwu pasti akan mengenang dan memberi tempat dihati sosok Kamrul Kasim, sebagai peletak dasar pembangunan Kabupaten Luwu. Tokoh pemrakarsa pemekaran Luwu Raya (Lutra,Lutim, Palopo dan Luwu), peletak dasar pembangunan Bandara I Laga Ligo Bua dan peletak dasar pembangunan Ibukota Belopa pasca bergeser dari Kota Palopo.

Almarhum DR H Kamrul Kasim ternyata memiliki putra sebagai generasi muda yang tumbuh bersahaja, sederhana, merakyat dan selalu terlibat dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan. Ia adalah Budi Kamrul Kasim (BKK). Saat ini momentum Pilgub Sulsel, nama Budi Kamrul menjadi salah satu figur kuat yang terwacana sebagai Bacawabgub Luwu.

Munculnya figur Budi Kamrul di bursa Bakal Cawagub Sulsel terjadi pasca pertemuan Adnan Purichta Ichsan YL, Bupati Gowa dua periode. Pertemuan antara keduanya dibulan Ramadhan lalu menjadi viral dan fotonya beredar dimana-mana. Disinyalir pertemuan tersebut membahas paket Pilgub Sulsel 2024 mendatang antara Adnan Purichta Ichsan dan Budi Kamrul Kasim.

Budi Kamrul Kasim menjadi 'kuda hitam' sebagai Bacawagub Sulsel 2024 saat ini. Disamping ia adaalah putra mantan Bupati Luwu yang namanya sangat dikenang di masyarakat Tana Luwu, Budi Kamrul menjadi tokoh muda yang layak dicontoh, pribadi yang sangat bersahaja, sederhana, pekerja keras dan sarat dengan torehan prestasi. Bahkan nama Budi Kamrul sempat melambung dan viral di Kota Makassar pada tahun 2013, dimana ia merintis usaha kurir jasa pengantaran barang, makanan dan minuman dengan sebutan amat terkenal di Makassar yaitu 'Tanya Budi'. 

Tidak hanya dikenal publik, sosok Budi Kamrul Kasim dalam keseharian memiliki segudang pengalaman bahkan tengah aktif bekerja sebagai praktisi konsultan politik dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Sebagai Konsultan politik ia senantiasa sukses mendampingi kliennya di Sulsel, tak heran di kalangan pejabat, pengusaha dan petinggi partai politik nama Budi Kamrul sangat familiar dan populer. Pun probadi Budi Kamrul yang religius dan sebagai pengurus MUI Sulsel, membuatnya dekat di kalangan ulama Makassar dan Sulsel pada umumnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang saat ini juga terwacana sebagai Bakal Calon Gubernur Sulsel, maupun figur lain, sangat wajar dan pantas melirik Budi Kamrul Kasim sebagai pasangan Cawagubnya.

Budi Kamrul secara geo politik tidak bisa dianggap remeh. Ia berasal dari Kabupaten Luwu yang daerahnya kini terpecah menjadi 4 wilayah administratif terletak di jazirah utara Sulsel, yaitu Luwu, Luwu Utara, Palopo, dan Luwu Timur dengan jumlah pemilih hampir mencapai 900 Ribu pemilih.

Budi Kamrul Kasim SH, pernah terdaftar menjadi mahasiswa Universitas Trisakti Jakarta 2005-2007. Ia menyabet gelar sarjana hukum pada Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2010. Pria kelahiran Makassar 27 Juli 1986 ini adalah figur muda yang sukses berdikari. Diusianya 37 tahun, suami dari Hj. Andi Tenri Awaru. S.H. M,kn. ini memiliki sejumlah prestasi dan pengalaman kerja, diantaranya sebagai Advokat/Pengacara sejak 2014 hingga sekarang, Mediator Sertifikasi Mahkamah Agung RI (2012 - Sekarang), Pengacara Perkara Perselisihan hasil Pemilu Gubernur, Bupati, dan Walikota sertifikasi Mahkamah Konstitusi RI (2016 - Sekarang), Founder & CEO PT. Tanyabudi International Indonesia (2012 - Sekarang).

Kemudian, alumni SMAN 2 Makassar ini juga merupakan Pendiri Komunitas Ayo Bantu Masjid (2015 – Sekarang), Managing Partner Budi Kamrul Law Offices (2015 – Sekarang), Senior Advisor PT Celebes Research Center 2016-2019, Direktur Utama PT Al-Fauzi, Direktur Utama PT Shiftbank International Indonesia, Direktur Utama PT Sinikerja Maha Rewa, Komisaris PT Terobosan Baru Indonesia (2023-Sekarang), Komisaris PT Siniumroh Berangkat Bersama (2024-Sekarang), Chief Business Officer Archi Indonesia Research & Strategies (2024-Sekarang), Direktur Utama PT Door to door Strategy Indonesia (2024-Sekarang). (andrie islamuddin)

  • Bagikan