Real Madrid Singkirkan Manchester City di Liga Champions Lewat Drama Adu Penalti

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Perjuangan Real Madrid untuk melaju ke babak semifinal Liga Champions 2023/2024 begitu melelahkan.

Real Madrid berhasil keluar sebagai pemenang dalam duel alot kontra Manchester City, leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024, Kamis 18 April 2024. Laga berakhir imbang 1-1, Madrid menang adu penalti dengan skor 4-3.

Seperti diketahui, pertemuan leg pertama di Santiago Bernabeu pekan lalu berakhir imbang 3-3.

Pada duel ini, laga berlangsung sengit dan alot. Terluhat relatif terbuka sejak menit pertama. Man City lebih mendominasi, tapi Madrid melawan dengan sangat baik.

Kali ini Madrid bahkan sempat unggul lebih dahulu lewat gol Rodrygo di menit ke-12. Man City baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua melalui aksi Kevin De Bruyne (76').

Skor 1-1 bertahan selama 120 menit. Laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Dua penendang Man City gagal, hanya satu penendang Madrid yang gagal. Los Blancos pun menang dengan skor 4-3.

Kemenangan ini mengantar Real Madrid ke babak semifinal Liga Champions 2023/2024. Sang juara bertahan Man City harus tersingkir.

Pada babak pertama, sang tamu, Madrid, bermain lebih berani dan coba mengambil inisiatif serangan. Man City pun tampak percaya diri di hadapan pendukung sendiri. 10 menit berjalan.

Hanya saja, pada menit ke-12, Madrid mencetak gol pembuka. Skema serangan cepat dari sisi kanan. Vinicius mengirim umpan tarik untuk Rodrygo. Tembakan pertama ditepis, bola muntah langsung disambut Rodrygo dan gol! Man City 0-1 Madrid.

Gol Madrid sedikit mengubah ritme pertandingan. Man City pun bermain lebih ofensif, penguasaan bola berpindah. Hingga 30 menit berlalu, tuan rumah lebih banyak menekan tim tamu.

Serangan-serangan Man City pun tampak berbahaya. Grealish jadi pemain paling merepotkan, De Bruyne juga mendapatkan peluang. Meski begitu, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, laga dilanjutkan kembali dengan ritme yang tidak jauh berbeda. Man City mengurung Madrid. 10 menit berjalan, Madrid masih dipaksa bertahan. Lunin pun membuat sejumlah penyelamatan penting.

Madrid sulit keluar dari area bermain sendiri. Man City terlalu dominan dalam penguasaan bola. Hingga menit ke-70, El Real baru bisa mendapatkan kesempatan, tapi pergerakan Vinicius mudah dihentikan,.

Menit ke-76, Man City akhirnya mencetak gol balasan. Serangan dari sisi kiri, Doku menusuk kotak penalti dan mengirim umpan silang. Bola diblok Rudiger, tapi justru jatuh di hadapan De Bruyne yang siap menembak. Gol! Man City 1-1 Madrid.

Laga berlangsung dengan intensitas tinggi di sisa 10 menit akhir. Man City menciptakan sejumlah peluang, tapi Madrid bisa bertahan dengan baik. Skor 1-1 tidak berubah, laga lanjut ke extra time.

Pada babak tambahan, nampak kedua tim sudah kelelahan. Tempo permainan pun relatif menurun. Terlihat, Madrid masih lebih banyak bertahan, Man City lebih dominan.

Sejumlah peluang tercipta di 15 menit pertama, tapi tidak benar-benar mengancam. Skor tetap 1-1, dilanjutkan ke 15 menit kedua.

Baik Man City dan Madrid masih mencoba menyerang di 15 menit kedua, tapi kedua tim tampak lebih berhati-hati. Intensitas pertandingan pun semakin turun, Man City masih mencoba mengurung Madrid.

Hanya setengah peluang yang diciptakan kedua tim di menit-menit akhir pertandingan. Tidak ada yang benar-benar mengancam. Skor 1-1 tidak berubah, laga lanjut ke babak adu penalti

Pada babak penlati, City memulai dengan eksekutor Alvarez. Gol twrjadi. Kedudukan 1-0 untuk City. Modric yang diharap menyamakan kedudukan gagal! Man City unggul 1-0.

Hanya saja, penendang kedua City,
Silva juga gagal. Sementara dari pihak Madrid
Bellingham dapat menyumbangkan gol. Kedudukan pun jadi 1-1.

Penendang City Kovacic gagal sementara penendang Madrid
Vazquez gol. Kedudukan 1-2 untuk Madrid.

Penendang selanjutnya, Foden gol! Man City dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tapi, dari Madrid, Nacho dapat mengeksekusi dengan baik. Gol pun terjadi. Madrid unggul 3-2.

Giliran Ederson gol. Man City dapat menyamakan kedudukan 3-3. Tapi, lewat Rudiger, gol pun terjadi dan Madrid unggul 4-3. (*/net/pp)

Susunan pemain

MAN CITY (4-1-4-1): Ederson; Gvardiol, Dias, Akanji (112' Stones), Walker; Rodri; Grealish (72' Doku), Silva, De Bruyne (112' Kovacic), Foden; Haaland (91' Alvarez)

Pelatih: Josep Guardiola

REAL MADRID (4-2-3-1): Lunin; Mendy, Nacho, Rudiger, Carvajal (110' Militao); Kroos (79' Kroos), Camavinga; Rodrygo (84' Brahim), Bellingham, Valverde; Vinicius (102' Vazquez)

Pelatih: Carlo Ancelotti

  • Bagikan