Tanaka Jadi “Kuda Hitam” Cawabup Luwu

  • Bagikan

Ruddin Sibutu.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WALMAS-- Pilkada serentak termasuk Kabupaten Luwu, tidak lama lagi dihelat.

Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) mulai pasang kuda-kuda.

Paling seru di Walmas. Wilayah cikal bakal Kabupaten Luwu Tengah (Luteng) tersebut figurnya sudah terang-terangan menyatakan sikap maju sebagai Cawabup Luwu.

Bahkan ada dua figur kuat yang menjadi buah bibir dikalangan masyarakat Walmas.

Kedua putra terbaik itu adalah Muhammad Devy Bijak Pawindu (MDBP) dan Ruddin Sibutu.

Paling banyak disorot yakni Ruddin Sibutu.

Berstatus sebagai anggota DPRD Luwu, pria yang akrap dengan sebutan Tanaka itu sangat ideal mendampingi Cawabup Luwu.

Betapa tidak, Tanaka merupakan putra asli Walenrang Barat (Walbar).

Bahkan Tanaka disebut sangat cocok mendapingi figur 01 dimana orangtua Tanaka berdomisili di Walenrang Timur (Waltim), istri dan rumpun besarnya tinggal dan menetap di Walenrang Utara (Walut).

Tanaka sendiri yang merupakan anggota DPRD dua periode, dia berdomisili di Walenrang sehingga popularitasnya tidak lagi diragukan.

Jika Tanaka ditandemkan dengan Cawabup asal selatan, tidak menutup kemungkinan Tanaka bisa menjadi "Kuda Hitam" bagi Cawabup lain di Walmas terutama MDBP.

"Beliau (Tanaka) boleh dibilang mencakup sua lini khususnya di Walmas. Tidak salah jika Tanaka bisa menjadi paket ideal bagi Cabup asal selatan," kata Marwan, salah seorang pemuda Walmas, kepada Palopo Pos, Jumat 19 April 2024.

Pandangan lain juga diutarakan pemuda Walmas, Mursal.

Dia (Mursal) menyebut MDBP yang merupakan putra mendiang dari Wabup Luwu, Syukur Bijak (SBj) tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berstatus sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat, MDBP boleh dibilang masih memiliki kekuatan yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

"Kita tak bisa pungkiri kalau ketokohan serta pendukung almarhum SBj masih setia bersama MDBP. Namun, Tanaka juga memiliki kekuatan besar dan seperti diketahui MDBP dan Tanaka masih kerabat dekat, antara paman dan keponakan," beber Mursal.

Jika keduanya nanti bertarung sebagai Cawabup Luwu, maka bisa dipastikan Pilkada Luwu akan menarik diikuti, dimana MDBP dan Tanaka merupakan dua putra terbaik yang dimiliki Walmas.

"Kita lihat saja nanti," tutup Mursal.(*/Riawan)

  • Bagikan