Wow, Luar Biasa! Indonesia Gebuk Australia, Ini Klasemen Sementara Piala Asia U-23 Grup A

  • Bagikan

Komang Teguh mengantar Timnas Indonesia menang atas Australia. (Dok PSSI)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Luar biasa penampilan Timnas Indonesia U-23. Mereka tampil begitu alot dan sengit dan akhirnya berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0.

Dengan kemenangan itu, membuat Timnas Indonesia U-23 mengantongi tiga poin perdana di turnamen ini. Alhasil, Timnas Indonesia U-23 pun kini untuk sementara berdiri di posisi kedua klasemen sementara.

Peringkat pertama grup A ditempati oleh Qatar yang memiliki tiga poin dan unggul selisih gol atas Indonesia.

Sedangkan Yordania ada di posisi ketiga dengan koleksi satu poin. Australia untuk sementara berada di posisi juru kunci.

Klasemen grup A ini masih berpotensi berubah hari ini. Pasalnya, duel Qatar vs Yordania bakal dilangsungkan pukul 23.30 Wita. Hasil laga nanti punya potensi mengubah urutan klasemen grup A.

Timnas Indonesia U-23 kini tinggal menyisakan satu laga lagi di grup A. Duel terakhir adalah Indonesia vs Yordania yang akan berlangsung pada Minggu, 21 April 2024 mendatang.

Dua tim teratas dari masing-masing grup bakal lolos ke babak perempat final. Target PSSI pada Timnas Indonesia U-23 adalah lolos ke babak perempat final sedangkan untuk bisa berlaga di Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 harus finis di posisi tiga besar.

Pada partai  Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia, di Abdullah bin khalifa Stadium berjalan sengit. Kedua tim saling melepaskan serangan sejak awal laga.

Peluang berbahaya pertama di laga ini dibuat Rafael Struick melalui tembakannya dari luar kotak penalti. Namun bola masih melebar dari gawang Australia.

Australia juga memiliki sejumlah peluang. Namun penyelesaian akhir mereka kurang apik sehingga gagal berbuah gol.

Di menit ke-21, Indonesia dihukum penalti setelah Komang Teguh melakukan handsball di kotak terlarang, dan VAR mengesahkan keputusan wasit. Mohamad Traore menjadi eksekutor penalti ini, dan Ernando tampil heroik dengan membaca arah bola dengan sempurna dan berhasil menepisnya.

Usai kegagalan penalti itu, Australia semakin menekan. Serangan demi serangan terus dilancarkan, meski gagal memberikan ancaman berarti bagi gawang Indonesia.

Indonesia yang tertekan perlahan tapi pasti mulai mengontrol jalannya pertandingan. Skuat Garuda mulai melancarkan beberapa serangan ke gawang Australia.

Di menit ke-45, Skuat Garuda sukses mencetak gol. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Australia, Nathan Tjoe-A-On melepaskan tembakan yang kemudian arahnya diubah dengan sundulan Komang Teguh. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Australia yang tertinggal 1-0 di babak pertama, menaikkan intensitas serangan mereka. Sejak peluit awal babak kedua dibunyikan, The Socceroos langsung membombardir gawang Indonesia.

Namun skuat Garuda bertahan dengan rapat. Mereka mampu meredam serangan-serangan Australia sehingga tidak ada peluang yang terlalu berbahaya mengancam gawang Ernando.

Indonesia bukannya hanya bertahan di dalam. Skuat Garuda beberapa kali melancarkan serangan balik yang cukup membuat Australia ketar-ketir.

Australia terus menggempur pertahanan Indonesia. Namun kombinasi kedisiplinan lini pertahanan Indonesia ditambah aksi ciamik Ernando Ari membuat Australia kesulitan mencetak gol.

Hingga tambahan waktu berakhir, skor 1-0 bertahan unguk kemenangan Indonesia.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Komang Teguh, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari; Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Fajar Fathurrahman; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong

Australia (4-4-2): Patrick Beach; Lucas Mauragis, Jordan Courtney-Perkins, Alexandar Popovic, Jacob Italiano; Jack Hollman, Ryant Teague, Keegan Jelacic, Adrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure

Pelatih: Tony Vidmar

Klasemen Grup A Usai Indonesia Menang Lawan Australia

  1. Qatar 3 poin
  2. Indonesia 3 poin
  3. Yordania 1 poin
  4. Australia 1 poin
    (*/net/pp)

  • Bagikan