WTL jadi Magnet di Pilgub Sulsel

  • Bagikan

Banyak Tokoh Berpengaruh

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Gelaran Pemilihan Gubernur Sulsel kian dekat. Para tokoh yang menyatakan siap maju, juga sudah galang komunikasi untuk jadi pasangan saat melakukan pendaftaran ke KPU nantinya.
Di Sulsel, pada setiap gelaran Pilgub, figur dari Tana Luwu selalu menjadi magnet bagi calon lainnya untuk menjadi pasangan.

Sebut saja pada Pilgub 2007 kala itu ada Prof Mansyur Ramly menjadi pasangan dari Amin Syam, lalu di Pilgub 2013 ada tokoh Tana Luwu Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar yang menjadi pasangan dari Ilham Arif Sirajuddin, selanjutnya di Pilgub 2018 ada mantan Bupati Luwu 2 periode Andi Mudzakkar yang menjadi wakil dari Ichsan Yasin Limpo.

Pada Pilgub 2024 ini, tentunya Wija To Luwu (WTL) kembali mengkampanyekan banyak figur potensial.
Dari rangkuman terbaru Palopo Pos, tokoh daerah Tana Luwu yang punya kans maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024 ataupun Calon Wagub siapa saja?
Dimulai dari nama besar Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq MH. Sosok purnawirawan jenderal TNI bintang dua ini sudah dikenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Dengan pelbagai prestasi militer yang ia torehkan.

Saat dinas, pernah menjabat sebagai PA Ahli Kasad Tk. III Bidang Sosbud, Hankam dan Narkoba di Mabes TNI Angkatan Darat, kemudian sekarang wakil komandan pusat teritorial TNI AD.

Mayjen Marga Taufik juga pernah Dandim 1403 Sawerigading, asisten teritorial kodam Wirabuana dan komandan Korem Palu, serta komandan Kodim kota besar Makassar. Kemudian pernah jadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura.

Bahkan, meski sudah pensiun dari dinas militer, tetapi Mayjen (P) Marga Taufiq masih dipercaya pemerintah sebagai salah satu tenaga ahli Kementerian Pertahanan RI. Ia masih dipercaya membantu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selanjutnya ada nama, Bupati Luwu Utara dua periode, Hj Indah Putri Indriani atau yang akrab dikenal dengan tagline IDP. Karir politiknya cukup cemerlang di Sulsel. Selain menjabat bupati, IDP kini juga dipercaya menjabat Ketua Golkar Luwu Utara.

Dimana sebelum menjabat bupati, IDP juga pernah menjabat Wakil Bupati Lutra dan tenaga ahli di DPR RI. Jaringannya luas, ditambah dengan kehadiran suami Muhammad Fauzi sebagai Anggota DPR RI di Senayan, membuat jaringan ke pusat makin terbuka lebar.

Di beberapa media regional Sulsel bahkan memasukkan nama IDP sebagai salah satu figur potensial yang dilirik maju Pilgub Sulsel 2024.
Kini spanduknya mulai tersebar di seluruh kab/kota di Sulsel yang dikenal dengan tagline "Indah untuk Sulsel".

Lalu, ada nama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya (BPP KKLR), H. Arsyad Kasmar. Sepak terjangnya sudah menasional. Memiliki jaringan usaha nasional, utamanya dalam hal pertambangan, ditandai akan membangun smelter di Sultra tahun ini.

Juga ada nama mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma, mantan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar, dan Bupati Luwu dua periode Dr H Basmin Mattayang.

Terbaru ada nama Budi Kamrul Kasim, SH, putra mendiang mantan Bupati Luwu 1999-2004 Alm. DR H Kamrul Kasim.
Siapa tidak kenal dengan mantan Bupati Luwu DR H Kamrul Kasim? Seluruh masyarakat Tana Luwu pasti akan mengenang dan memberi tempat dihati sosok Kamrul Kasim, sebagai peletak dasar pembangunan Kabupaten Luwu. Tokoh pemrakarsa pemekaran Luwu Raya (Lutra,Lutim, Palopo dan Luwu), peletak dasar pembangunan Bandara I Laga Ligo Bua dan peletak dasar pembangunan Ibukota Belopa pasca bergeser dari Kota Palopo.

Almarhum DR H Kamrul Kasim ternyata memiliki putra sebagai generasi muda yang tumbuh bersahaja, sederhana, merakyat dan selalu terlibat dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan. Ia adalah Budi Kamrul Kasim (BKK). Saat ini momentum Pilgub Sulsel, nama Budi Kamrul menjadi salah satu figur kuat yang terwacana sebagai Bacawabgub Luwu.

Munculnya figur Budi Kamrul di bursa Bakal Cawagub Sulsel terjadi pasca pertemuan Adnan Purichta Ichsan YL, Bupati Gowa dua periode. Pertemuan antara keduanya dibulan Ramadhan lalu menjadi viral dan fotonya beredar dimana-mana. Disinyalir pertemuan tersebut membahas paket Pilgub Sulsel 2024 mendatang antara Adnan Purichta Ichsan dan Budi Kamrul Kasim.

Budi Kamrul Kasim menjadi 'kuda hitam' sebagai Bacawagub Sulsel 2024 saat ini. Disamping ia adaalah putra mantan Bupati Luwu yang namanya sangat dikenang di masyarakat Tana Luwu, Budi Kamrul menjadi tokoh muda yang layak dicontoh, pribadi yang sangat bersahaja, sederhana, pekerja keras dan sarat dengan torehan prestasi. Bahkan nama Budi Kamrul sempat melambung dan viral di Kota Makassar pada tahun 2013, dimana ia merintis usaha kurir jasa pengantaran barang, makanan dan minuman dengan sebutan amat terkenal di Makassar yaitu 'Tanya Budi'.

Tidak hanya dikenal publik, sosok Budi Kamrul Kasim dalam keseharian memiliki segudang pengalaman bahkan tengah aktif bekerja sebagai praktisi konsultan politik dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Sebagai Konsultan politik ia senantiasa sukses mendampingi kliennya di Sulsel, tak heran dikalangan pejabat, pengusaha dan petinggi partai politik nama Budi Kamrul sangat familiar dan populer. Pun probadi Budi Kamrul yang religius dan sebagai pengurus MUI Sulsel, membuatnya dekat di kalangan ulama Makassar dan Sulsel pada umumnya. (idr)

  • Bagikan