Warning! Kasus HIV AIDS Capai 400 Kasus di Palopo Akibat Seks Bebas dan Suka Sesama Jenis

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Dinas Kesehatan Kota Palopo, mencatat ada 400 orang di Kota Palopo terjangkit HIV/AIDS. Jumlah itu mulai tahun 2023 sampai 2024, yang didominasi aktivitas seks bebas dan penyuka sesama jenis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah mengaku jumlah kasus itu rata-rata penderita yang tertular HIV/AIDS, akibat seks bebas. Penderita mulai usia 15 tahun sampai 59 tahun.

“Di tahun 2023 sebanyak 147 kasus, sedangkan tahun 2024 sebanyak 253 kasus. Dengan total keseluruhan mulai tahun 2023 sampai 2024 sudah sudah mencapai 400 lebih kasus HIV/AIDS di Kota Palopo,” ungkapnya, Jumat 22 Maret 2024.

Irsan mengatakan, Kota Palopo merupakan daerah kedua yang tercatat kasus HIV/AIDS tertinggi di Sulawesi Selatan (Sulsel), setelah Kota Makassar. Temuan ini setelah melibatkan komunitas dan kelompok-kelompok melakukan tracking di Kota Palopo, hingga menemukan jumlah kasus cukup besar.

“Penemuan kasus lebih tinggi, karena kita memang kolaborasi melibatkan komunitas, melakukan screning dan tracking bagi kelompok yang berisiko. Upaya dilakukan untuk penanggulangan, pencegahan dan penanganan HIV/AIDS,dianggap penyakit cukup serius ini,” tutur dia.

Beberapa waktu lalu, kasus ini sebenarnya sudah menyeruak di kalangan tenaga kesehatan. Dimana beredar video, seorang dokter wanita menpublis temuannya dalam menjalankan praktik dokter di Kota Palopo, Sabtu, 24 Februari 2024 pagi.

Ia menemukan beberapa kejadian penyakit kutil kelamin dan anus. Penyakit menular ini diderita anak muda pria, usia 20 tahun hingga pria dewasa berumur 30 tahun. Penyebab penyakit ini yakni akibat hubungan seks bebas.(idr)

  • Bagikan